Show simple item record

dc.contributor.authorPRATAMA, Ferdian Olivianto Adi
dc.date.accessioned2024-06-12T02:03:08Z
dc.date.available2024-06-12T02:03:08Z
dc.date.issued2024-03-23
dc.identifier.nim200210205119en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121389
dc.description.abstractArti penting kemandirian untuk anak yaitu merupakan perkembangan pada individu anak, seperti anak mampu menentukan pilihannya sendiri, kreatif, bertanggung jawab, anak mampu bersabar dalam melakukan sesuatu, serta anak mampu mengatasi masalah tanpa ada bantuan dari orang lain. Berdasarkan pengamatan awal bulan Januari 2024, terdapat permasalahan kemandirian pada anak kelompok A1 TK As-syari’ah. Dari 24 anak terdapat 11 anak yang masih kurang mandiri disaat berada disekolah. Indikator ini ditandai dengan pemberian tugas oleh guru, anak selalu menanyakan cara untuk menyelesaikan kegiatan dengan maksud untuk mencari perhatian lebih dari guru. Dalam hal ini, peneliti ingin mengembangkan kemandirian anak kelompok A1, dengan menggunakan teknik token ekonomi yang dimodifikasi menjadi permainan celengan berkarakter. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan permainan celengan berkarakter terhadap kemandirian anak kelompok A1 TK Assyari’ah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji ada tidaknya pengaruh penerapan permainan celengan berkarakter terhadap kemandirian anak kelompok A1 TK AsSyari’ah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan jenis pola penelitian pra-eksperimental dengan rancangan one group pretest posttest design. Tempat penelitian ini di TK AsSyari’ah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Metode dalam pengumpulan data yaitu observasi. Permainan celengan berkarakter ini digunakan untuk mengembangkan kemandirian anak kelompok A1. Dalam uji validitas dan reliabilitas, dibantu oleh SPSS versi 29.0 dengan menggunakan rumus korelasi spearman’s rho, adapun untuk uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan rumus Wilcoxon signed Rank Test untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil data penelitian yang dilaksanakan, data pretest menunjukan rata-rata kemandirian anak adalah 52,91, dan setelah mendapatkan perlakuan data posttest menunjukan rata-rata kemandirian anak sebesar 85,75. Hasil perhitungan positif ranks sebesar 12,50 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 dengan menggunakan rumus Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan SPSS versi 25.0. Dapat diketahui bahwa nilai signifikansi 0,001<0,05 yang artinya 0,001 kurang dari 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian hipotesis menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan teknik token ekonomi yang dimofikasi menjadi permainan celengan berkarakter terhadap kemandirian anak kelompok A1 TK As-syari’ah. Kelebihan dalam melaksanakan penelitian ini adalah konsistensi dalam melaksanakan sebuah pemberian perlakuan yang menjadikan anak antusias berlomba-lomba dalam meningkatkan kemandirian melalui pengumpulan token koin yang nantinya akan mendapatkan sebuah reward. Kelemahan dalam penelitian ini yaitu penelitian ini menggunakan penelitian pra eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design karena jumlah sampel 24 anak. Lebih generalisasi kepada populasi yang lebih luas lagi. Saran yang bisa disampaikan dari hasil penelitian ini adalah guru disarankan menerapkan permainan celengan berkarakter dalam meningkatkan kemandirian anak, yang mana pada saat pemberian sebuah token dan menghasilkan sebuah reward yang akan meningkatkan kemandirian anak.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Nanik Yuliati M.Pd Dosen Pembimbing Anggota : Yuniarta Syarifatul Umami, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPerkembanganen_US
dc.subjectKemandirian Anaken_US
dc.subjectPermainan Celengan Berkarakteren_US
dc.titlePengaruh Penerapan Permainan Celengan Berkarakter terhadap Kemandirian Anak Kelompok A1 TK As-Syari’ah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nanik Yuliati M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Yuniarta Syarifatul Umami, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 3 April 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 12en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record