dc.contributor.author | PRATAMA, Ferdian Olivianto Adi | |
dc.date.accessioned | 2024-06-12T02:03:08Z | |
dc.date.available | 2024-06-12T02:03:08Z | |
dc.date.issued | 2024-03-23 | |
dc.identifier.nim | 200210205119 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121389 | |
dc.description.abstract | Arti penting kemandirian untuk anak yaitu merupakan perkembangan pada
individu anak, seperti anak mampu menentukan pilihannya sendiri, kreatif,
bertanggung jawab, anak mampu bersabar dalam melakukan sesuatu, serta anak
mampu mengatasi masalah tanpa ada bantuan dari orang lain. Berdasarkan
pengamatan awal bulan Januari 2024, terdapat permasalahan kemandirian pada
anak kelompok A1 TK As-syari’ah. Dari 24 anak terdapat 11 anak yang masih
kurang mandiri disaat berada disekolah. Indikator ini ditandai dengan pemberian
tugas oleh guru, anak selalu menanyakan cara untuk menyelesaikan kegiatan
dengan maksud untuk mencari perhatian lebih dari guru. Dalam hal ini, peneliti
ingin mengembangkan kemandirian anak kelompok A1, dengan menggunakan
teknik token ekonomi yang dimodifikasi menjadi permainan celengan berkarakter.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan
permainan celengan berkarakter terhadap kemandirian anak kelompok A1 TK Assyari’ah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember?. Tujuan yang ingin dicapai
dalam penelitian ini adalah untuk menguji ada tidaknya pengaruh penerapan
permainan celengan berkarakter terhadap kemandirian anak kelompok A1 TK AsSyari’ah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis pola penelitian pra-eksperimental dengan
rancangan one group pretest posttest design. Tempat penelitian ini di TK AsSyari’ah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Metode dalam pengumpulan
data yaitu observasi. Permainan celengan berkarakter ini digunakan untuk
mengembangkan kemandirian anak kelompok A1. Dalam uji validitas dan
reliabilitas, dibantu oleh SPSS versi 29.0 dengan menggunakan rumus korelasi spearman’s rho, adapun untuk uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s
alpha. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan rumus Wilcoxon signed
Rank Test untuk uji hipotesis.
Berdasarkan hasil data penelitian yang dilaksanakan, data pretest
menunjukan rata-rata kemandirian anak adalah 52,91, dan setelah mendapatkan
perlakuan data posttest menunjukan rata-rata kemandirian anak sebesar 85,75.
Hasil perhitungan positif ranks sebesar 12,50 dan nilai signifikansi sebesar 0,001
dengan menggunakan rumus Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan SPSS
versi 25.0. Dapat diketahui bahwa nilai signifikansi 0,001<0,05 yang artinya 0,001
kurang dari 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian hipotesis
menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan teknik token
ekonomi yang dimofikasi menjadi permainan celengan berkarakter terhadap
kemandirian anak kelompok A1 TK As-syari’ah.
Kelebihan dalam melaksanakan penelitian ini adalah konsistensi dalam
melaksanakan sebuah pemberian perlakuan yang menjadikan anak antusias
berlomba-lomba dalam meningkatkan kemandirian melalui pengumpulan token
koin yang nantinya akan mendapatkan sebuah reward. Kelemahan dalam
penelitian ini yaitu penelitian ini menggunakan penelitian pra eksperimental dengan
desain penelitian one group pretest-posttest design karena jumlah sampel 24 anak.
Lebih generalisasi kepada populasi yang lebih luas lagi. Saran yang bisa
disampaikan dari hasil penelitian ini adalah guru disarankan menerapkan permainan
celengan berkarakter dalam meningkatkan kemandirian anak, yang mana pada
saat pemberian sebuah token dan menghasilkan sebuah reward yang akan
meningkatkan kemandirian anak. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Dr. Nanik Yuliati M.Pd
Dosen Pembimbing Anggota : Yuniarta Syarifatul Umami, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Perkembangan | en_US |
dc.subject | Kemandirian Anak | en_US |
dc.subject | Permainan Celengan Berkarakter | en_US |
dc.title | Pengaruh Penerapan Permainan Celengan Berkarakter terhadap Kemandirian Anak Kelompok A1 TK As-Syari’ah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Nanik Yuliati M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Yuniarta Syarifatul Umami, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 3 April 2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_06_tanggal 12 | en_US |