Show simple item record

dc.contributor.authorAMINUDDIN, Helmi
dc.date.accessioned2024-06-12T01:47:37Z
dc.date.available2024-06-12T01:47:37Z
dc.date.issued2024-03-15
dc.identifier.nim200210102100en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121386
dc.description.abstractKeterampilan scientific communication merupakan salah satu keterampilan yang perlu dikuasai dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Proses pendidikan tidak hanya berfokus pada hasil belajar tetapi juga diarahkan untuk dapat meningkatkan kompetensi peserta didik yang sesuai dengan keterampilan abad 21. Keterampilan scientific communication pada pembelajaran fisika sangat penting diajarkan bagi peserta didik sebagai keterampilan dasar untuk dapat mengkomunikasikan teori maupun konsep dan hasil praktikum maupun percobaan yang telah dipelajari. Pembelajaran fisika dengan menyisipkan tentang permasalahan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan (SDGs) dapat melatih kemampuan komunikasi siswa. Namun, kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi ilmiah jarang mendapat perhatian. Proses pembelajaran fisika masih banyak menggunakan metode ceramah sehingga hal tersebut dapat menghambat kemampuan scientific communication siswa. Salah satu strategi untuk dapat melatih keterampilan scientific communication siswa dengan menggunakan LKPD pendekatan STEM terintegrasi SDGs untuk ikut serta mewujudkan aksi tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui LKPD yang digunakan peserta didik dalam menunjang keterampilan scientific communication dan kesesuaian LKPD pendekatan STEM-SDGs untuk melatihkan keterampilan scientific communication siswa pada materi pemanasan global. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis desain survey longitudinal. Desain survey longitudinal bertujuan untuk mengamati perubahan pola atau karakteristik subjek penelitian sehingga mendapatkan wawasan yang mendalam tentang perubahan subjek yang terjadi dari suatu rentang waktu ke waktu. Dalam hal ini, subjek penelitian yang digunakan adalah LKPD yang digunakan di sekolah dan diluar sekolah serta kesesuaian LKPD pendekatan STEM-SDGs terhadap indikator keterampilan scientific communication dan mendukung salah satu program SDGs ke-14 yaitu ekosistem lautan. Hasil penelitian diperoleh bahwa bahan ajar LKPD yang dianalisis terhadap indikator keterampilan scientific communication pada materi pemanasan global termasuk kategori rendah. Hasil observasi LKPD yang dilakukan disesuaikan dengan indikator keterampilan scientific communication untuk mendukung program SDGs. Indikator keterampilan scientific communication lebih banyak ditemukan pada LKPD yang digunakan diluar sekolah daripada LKPD yang digunakan di sekolah sehingga LKPD yang digunakan diluar sekolah lebih sesuai untuk mengajarkan keterampilan scientific communication siswa. Kemudian penilaian ahli terhadap kesesuaian LKPD yang dibuat dengan pendekatan STEMSDGs untuk melatih keterampilan scientific communication pada materi pemanasan global memperoleh nilai 91,4% dengan kategori sangat sesuai. Berdasarkan hasil penilaian ahli, maka LKPD pendekatan STEM-SDGs yang dibuat dapat digunakan untuk melatihkan kemampuan scientific communication pada materi pemanasan global. Fenomena pemanasan global telah mengakibatkan dampak perubahan iklim yang ekstrem. Kemampuan scientific communication yang baik perlu diajarkan pada peserta didik untuk memudahkan dalam memberikan solusi suatu permasalahan lingkungan sehingga turut serta dalam membantu mewujudkan aksi tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Pramudya Dwi A. P., S.Pd., M.Pd., Ph.D Pembimbing Anggota Drs. Albertus Djoko Lesmono, M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectLKPDen_US
dc.subjectSTEM-SDGsen_US
dc.subjectKeterampilan Scientific Communicationen_US
dc.subjectMateri Pemanasan Globalen_US
dc.titleAnalisis LKPD Pendekatan STEM-SDGs Untuk Mengajarkan Keterampilan Scientific Communication Siswa SMA pada Materi Pemanasan Globalen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Pramudya Dwi Aristya Putra, S.Pd., M.Pd., Ph,D., M.C.E.en_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Albertus Djoko Lesmono, M.Si.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 3 April 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 12en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record