• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (2.062Mb)
    Date
    2024-03-13
    Author
    DENINTA, Yasmin Afra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dengan menganalisis kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam pelayanan administrasi kependudukan di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi. Fenomena muncul karena adanya beberapa keluhan masyarakat terkait pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam pelayanan administrasi kependudukan di Mall Pelayanan Publik. Dibuktikan dari adanya hasil rekap data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang menunjukkan bahwa jumlah aduan sejak tahun 2020 hingga tahun 2023 terus meningkat. Hal tersebut disebabkan adanya beberapa hambatan dalam penginputan data sehingga masyarakat harus menunggu lebih lama untuk mendapat pelayanan, selain itu terdapat kesalahan penerbitan pada data kependudukan masyarakat sehingga masyarakat harus menunggu lebih ama agar data dapat di proses. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif menggunakan penilaian kinerja menurut Pidd, dengan tiga dimensi yaitu Hasil Pelaksanaan Pekerjaan, Kompetensi, dan Tanggungjawab. Menurut peneliti tiga dimensi penilaian kinerja Pidd sesuai dengan fenomena yang terjadi pada kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat. Maka dari itu peneliti memilih teori dimensi penilaian kinerja menurut Pidd karena tiga dimensi tersebut mampu memberikan deskripsi sesuai dengan fenomena yang terjadi. Sehingga dapat diketahui bagaimana hasil pekerjaan yang telah dilakukan oleh pegawai pelayanan, kemampuan pegawai dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat, serta tanggungjawab yang ditunjukkan oleh pegawai terhadap pekerjaannya baik itu saat pelayanan berlangsung dan pelayanan sudah selesai. Hasil penelitian ini menunjukkan jika Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi dalam pelayanan adminstrasi kependudukan di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi telah memenuhi dimensi kinerja sesuai dengan teori dari Pidd. Hasil pelaksanaan pekerjaan, aduan pelayanan dapat diatasi secara keseluruhan dibuktikan dari data yang telah diperoleh peneliti pada tahun 2020 diselesaikan 76 aduan, tahun 2021 diselesaikan 125 aduan, tahun 2022 diselesaikan 384 aduan, dan tahun 2023 diselesaikan 656 aduan. Pelayanan sudah dilakukan dengan menggunakan sistem quick service sehingga masyarakat tidak perlu menunggu terlalu lama, namun masih ada potensi untuk terjadinya human error lainnya yang bersangkutan dengan proses penginputan data masyarakat. Kompetensi, tingkat pendidikan telah sesuai dengan Keputusan Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi Nomor: 188/ 90 /Kep/429.113/2022 Tentang Standar Pelayanan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi, yang menyebutkan bahwa tingkat pendidikan minimal adalah SMA. Pelatihan yang disebut dengan bimbingan teknis juga telah diikuti oleh petugas pelayanan administrasi kependudukan untuk mengembangkan kemampuannya dalam mengoperasikan sistem dan teknis dari pusat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tanggungjawab Pekerjaan, telah ditunjukkan apabila pegawai telah bertanggungjawab terhadap pekerjaaan yang dilakukannya dibuktikan dengan segera diperbaikinya data kependudukan masyarakat yang salah baik itu disebabkan oleh human error petugas maupun kesalahan dari masyarakat. Selain itu Tanggungjawab pekerjaan juga ditunjukkan dari laporan pertanggungjawaban atas pekerjaan yang telah diselesaikan petugas pelayanan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121382
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5687]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository