Pengembangan Instrumen Penilaian Berbantuan Media Nearpod untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di SMP
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan penting
yang dibutuhkan siswa pada pembelajaran abad 21 saat ini. Siswa yang memiliki
kemampuan berpikir kreatif diharapkan mampu menghadapi serta mencari solusi
dari berbagai persoalan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari melalui ideide dari konsep yang telah ada atau pelajari sebelumnya. Namun faktanya,
kemampuan berpikir kreatif siswa di Indonesia masih rendah. Hal ini berdasarkan
hasil Global Creativity Index (GCI) yang menunjukkan kemampuan berpikir
kreatif siswa di indonesia tergolong rendah. Salah satu faktor yang menyebabkan
kemampuan berpikir kreatif rendah yaitu kurangnya pemberian soal-soal yang
mengarah ke berpikir kreatif. Dengan itu, diperlukan pengembangan instrumen
penilaian yang mampu mengukur kemampuan berpikir kreatif agar siswa dapat
menyelesaikan suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan
uraian diatas untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dibutuhkan
pengembangan instrumen penilaian yang diperuntukan dalam mengukur
kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA di SMP.
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas,
kepraktisan dan efektivitas dari instrumen penilaian berbantuan media Nearpod
untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan model borg and gall
yang terdiri dari 9 tahapan yaitu tahap analisis, tahap perencanaan, tahap desain
produk, tahap validasi, tahap revisi, tahap uji coba produk awal, tahap revisi
produk awal, tahap uji coba produk akhir dan tahap revisi produk akhir. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis validitas, kepraktisan,
dan efektivitas instrumen penilaian Hasil validitas instrumen penilaian berbantuan media Nearpod untuk
mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa terdiri dari validitas ahli dan empiris.
Validitas ahli dilakukan oleh tiga validator dengan persentase hasil sebesar 84,3 %
yang termasuk dalam kategori valid. Validitas empiris terdiri dari validitas butir
soal, reliabilitas dan tingkat kesukaran. Hasil validitas butir soal diperoleh 20 butir
soal valid. Hasil reliabilitas diperoleh hasil 0,752 yang termasuk dalam kategori
tinggi. Hasil tingkat kesukaran diperoleh 15 soal sedang dan 5 soal mudah. Hasil
uji kepraktisan instrumen penilaian berbantuan media nearpod mendapatkan
persentase 94% yang termasuk kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas dari
tes mendapatkan hasil 62% yang menunjukkan siswa memiliki kemampuan
berpikir kreatif dengan kategori baik dan analisis angket respon siswa
mendapatkan persentase 81% dengan kriteria baik.
Berdasarkan hasil data yang diperoleh selama penelitian dapat
disimpulkan instrumen penilaian berbantuan media nearpod yang bertujuan untuk
mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan hasil dengan kategori
valid, praktis dan efektif, Dengan demikian, produk instrumen penilaian
berbantuan media nearpod yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses
evaluasi untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa SMP pada
pembelajaran IPA materi usaha, energi dan pesawat sederhana.