Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Edpuzzle Pada Materi Aritmatika Modulo Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
Perkembangan teknologi dapat mempengaruhi segala aspek kehidupan salah
satunya dalam bidang pendidikan. Perkembangan teknologi dalam bidang
pendidikan ditunjukkan dengan adanya inovasi baru seperti variasi media
pembelajaran. Perlunya media pembelajaran dikarenakan dapat membuat interaksi
antara guru dan siswa menjadi lebih lancar sehingga pembelajaran berjalan lebih
efektif dan efisien. Pengembangan media pembelajaran juga disusun agar dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis video interaktif
menggunakan bantuan media Edpuzzle pada materi aritmatika modulo untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Model pengembangan yang
digunakan pada penelitian ini adalah model Thiagarajan 4D. Tahapan dari model
4D meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap
pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate).
Berdasarkan observasi awal melalui tahap wawancara dengan salah satu guru
matematika kelas X SMA Negeri 1 Tenggarang diperoleh informasi bahwa guru
pernah menggunakan media berupa video pembelajaran, namun masih belum
pernah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis video. Sehingga guru
tidak dapat memantau apakah siswa telah melihat video pembelajaran dengan baik
atau tidak. Oleh karena itu, pemilihan media Edpuzzle didasarkan pada adanya fiturfitur interaktif yang mudah digunakan dan diharapkan mampu memberikan solusi
terhadap permasalahan yang ada.
Media pembelajaran berbasis Edpuzzle mudah untuk digunakan karena
pengguna hanya cukup mendaftar dengan menggunakan akun Google masing-