Pengaruh Penerapan Media Stik Angka terhadap Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B di TK ABA II Sumbersari
Abstract
Kemampuan berhitung penting untuk dimiliki oleh setiap anak usia dini. Namun, realitanya kebanyakan pendidik menstimulasi kemampuan berhitung melalui lembar kerja anak (LKA) tanpa adanya kegiatan bermain. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan media stik angka terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B di TK ABA II Sumbersari. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen melalui rancangan non-equivalent control group. Jenis pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan convenience sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu melalui uji mann whitney-u. Analisis data menunjukkan nilai mann whitney-u berjumlah 0,000 yang mana kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa penerapan media stik angka berpengaruh terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B di TK ABA II Sumbersari. Terdapat peningkatan kemampuan berhitung pada anak kelompok B dari sebelum diterapkan media stik angka dan setelah diterapkan media stik angka.