• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Nearpod pada Materi Food Chain untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif dan Motivasi Siswa SMP Lazuardi Tursina Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    repository skripsi amrina_190210103088.pdf (1.319Mb)
    Date
    2023-07-11
    Author
    ROSYADAH, Amrina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Media pembelajaran sebagai suatu perantara yang digunakan untuk menyampaikan informasi dengan tujuan merangsang siswa untuk belajar. Penggunaan media pembelajaran dapat memberikan minat dan motivasi bagi siswa untuk belajar, serta dapat meningkatkan keterampilan metakognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan pada 18 siswa kelas VII, sejumlah siswa tidak bersemangat dalam pembelajaran sains. Guru sains kelas VII SMP juga menyatakan bahwa siswa masih kurang termotivasi dalam belajar. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya media pembelajaran yang dapat meningkatkan metakognitif dan motivasi siswa, salah satunya dengan media berbasis web-based-application-learning nearpod. Desain penelitian menggunakan Research & Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Metode penelitian menggunakan metode kombinasi (mixed method). Media Nearpod telah divalidasi dari 3 aspek yaitu: aspek materi memperoleh nilai 83.3% dengan kriteria layak, aspek media memperoleh nilai 94% dengan kriteria sangat layak, aspek butir soal dengan memperoleh nilai 77% dengan kriteria layak. Penilaian keterbacaan media nearpod oleh 18 siswa kelas VII memperoleh nilai 77,9% dengan kriteria terbaca dengan baik. Penilaian tingkat keterampilan metakognitif siswa didapat melalui pengerjaan soal pretest post-test siswa dan dianalisis dengan rumus N-Gain memperoleh rata-rata nilai sebesar 0,71 dengan kategori peningkatan tinggi. Analisis motivasi siswa dapat dilihat dengan presentase pada awalnya hanya 23,8% siswa yang menyatakan sangat setuju pada pernyataan “saya sangat bersemangat dalam pembelajaran sains”, kemudian menjadi 55,6% siswa yang menyatakan sangat setuju dengan pernyataan tersebut setelah menggunakan nearpod.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120983
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository