Pengembangan Media Pembelajaran Nearpod pada Materi Food Chain untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif dan Motivasi Siswa SMP Lazuardi Tursina Banyuwangi
Abstract
Media pembelajaran sebagai suatu perantara yang digunakan untuk menyampaikan informasi dengan tujuan merangsang siswa untuk belajar. Penggunaan media pembelajaran dapat memberikan minat dan motivasi bagi siswa untuk belajar, serta dapat meningkatkan keterampilan metakognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan pada 18 siswa kelas VII, sejumlah siswa tidak bersemangat dalam pembelajaran sains. Guru sains kelas VII SMP juga menyatakan bahwa siswa masih kurang termotivasi dalam belajar. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya media pembelajaran yang dapat meningkatkan metakognitif dan motivasi siswa, salah satunya dengan media berbasis web-based-application-learning nearpod. Desain penelitian menggunakan Research & Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Metode penelitian menggunakan metode kombinasi (mixed method). Media Nearpod telah divalidasi dari 3 aspek yaitu: aspek materi memperoleh nilai 83.3% dengan kriteria layak, aspek media memperoleh nilai 94% dengan kriteria sangat layak, aspek butir soal dengan memperoleh nilai 77% dengan kriteria layak. Penilaian keterbacaan media nearpod oleh 18 siswa kelas VII memperoleh nilai 77,9% dengan kriteria terbaca dengan baik. Penilaian tingkat keterampilan metakognitif siswa didapat melalui pengerjaan soal pretest post-test siswa dan dianalisis dengan rumus N-Gain memperoleh rata-rata nilai sebesar 0,71 dengan kategori peningkatan tinggi. Analisis motivasi siswa dapat dilihat dengan presentase pada awalnya hanya 23,8% siswa yang menyatakan sangat setuju pada pernyataan “saya sangat bersemangat dalam pembelajaran sains”, kemudian menjadi 55,6% siswa yang menyatakan sangat setuju dengan pernyataan tersebut setelah menggunakan nearpod.