Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Berbantuan Nearpod pada Pembelajaran IPA SMP
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan di abad 21, dimana untuk dapat menilai keterampilan berpikir kritis diperlukan instrumen penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen keterampilan berpikir kritis berbasis nearpod pada pembelajaran IPA SMP yang memenuhi kriteria valid, reliabel, sukar, dan praktis serta analisis keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model GLAI. Validitas produk dinilai oleh tiga orang validator yang terdiri dari satu orang dosen dan dua orang guru IPA. Pengujian instrumen asesmen dilakukan terhadap 125 siswa kelas VII. Rata-rata penilaian validitas produk dari ketiga validator adalah 81,70% dengan kriteria valid. Berdasarkan uji lapangan yang dilakukan, diketahui 10 item valid dengan skor reliabilitas 0,602. Pada tingkat kesulitan, produk memiliki 1 soal mudah, 6 soal cukup, dan 3 soal sulit. Dalam kepraktisan diperoleh 97,66% dengan kriteria sangat praktis. Pada analisis keterampilan berpikir kritis diperoleh hasil interpretasi sebesar 28,68% (sangat rendah), analisis sebesar 31,20% (sangat rendah), inferensi sebesar 43,44% (sangat rendah), dan penjelasan sebesar 47,80% (rendah). Sehingga diketahui bahwa instrumen keterampilan berpikir kritis berbasis nearpod pada pembelajaran IPA SMP yang dikembangkan adalah valid, reliabel, tingkat sukar, praktis, dan efektif dalam mengukur keterampilan berpikir kritis.