• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Berbantuan Nearpod pada Pembelajaran IPA SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Rohmatul Maghfiroh (2.648Mb)
    Date
    2023-06-16
    Author
    MAGHFIROH, Rohmatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan di abad 21, dimana untuk dapat menilai keterampilan berpikir kritis diperlukan instrumen penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen keterampilan berpikir kritis berbasis nearpod pada pembelajaran IPA SMP yang memenuhi kriteria valid, reliabel, sukar, dan praktis serta analisis keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model GLAI. Validitas produk dinilai oleh tiga orang validator yang terdiri dari satu orang dosen dan dua orang guru IPA. Pengujian instrumen asesmen dilakukan terhadap 125 siswa kelas VII. Rata-rata penilaian validitas produk dari ketiga validator adalah 81,70% dengan kriteria valid. Berdasarkan uji lapangan yang dilakukan, diketahui 10 item valid dengan skor reliabilitas 0,602. Pada tingkat kesulitan, produk memiliki 1 soal mudah, 6 soal cukup, dan 3 soal sulit. Dalam kepraktisan diperoleh 97,66% dengan kriteria sangat praktis. Pada analisis keterampilan berpikir kritis diperoleh hasil interpretasi sebesar 28,68% (sangat rendah), analisis sebesar 31,20% (sangat rendah), inferensi sebesar 43,44% (sangat rendah), dan penjelasan sebesar 47,80% (rendah). Sehingga diketahui bahwa instrumen keterampilan berpikir kritis berbasis nearpod pada pembelajaran IPA SMP yang dikembangkan adalah valid, reliabel, tingkat sukar, praktis, dan efektif dalam mengukur keterampilan berpikir kritis.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120968
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15334]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository