Show simple item record

dc.contributor.authorLESTARI, Dwi
dc.date.accessioned2024-06-04T04:50:02Z
dc.date.available2024-06-04T04:50:02Z
dc.date.issued2023-06-27
dc.identifier.nim190210301042en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120902
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_Desember_2023_5en_US
dc.description.abstractKemajuan TIK berdampak terhadap berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Kemajuan ini memberikan kesempatan bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran. Guru dapat memanfaatkan media yang dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang lebih efisien dan juga efektif dengan penggunaan smartphone yang sudah menjadi kebutuhan siswa saat ini. Pemanfaatan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif, dimana dengan adanya media interaktif ini siswa dapat berinteraksi dengan guru, teman sebaya, sehingga dapat melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan media interaktif dengan menggunakan smartphone tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis smartphone yang tersedia pada layanan distribusi yaitu aplikasi Canva. Aplikasi Canva memiliki keunggulan yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran yaitu memiliki fitur-fitur yang menarik, dapat menambah kreatifitas siswa, dan dapat mempersingkat waktu dalam membuat desain produk. Keunggulan ini dapat mempengaruhi minat siswa dalam proses pembelajaran. Pengamatan awal didapatkan bahwa siswa tidak memiliki minat untuk belajar, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Media pembelajaran yang tepat akan berdampak positif terhadap kegiatan pembelajaran seperti menarik minat siswa untuk belajar. Apabila siswa memiliki minat untuk belajar, maka dapat berpengaruh terhadap hasil belajar yang didapatkan. Melalui penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat menciptakan suasana belajar yang menarik, sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis smartphone menggunakan aplikasi Canva terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Lokasi penelitian bertempat di SMKN 5 Jember yang beralamat di Jalan Brawijaya 55 Jember RT 01 RW 02 Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Jumlah responden pada penelitian ini yaitu sebanyak 57 responden. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penyebaran angket, tes, wawancara, dan juga dokumen. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji Independent Sample T-test dan juga menggunakan uji path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh dari variabel Y1 dan Y2 kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis smartphone menggunakan aplikasi Canva berpengaruh signifikan terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa kelas XII AMP SMKN 5 Jember pada materi perhitungan biaya produksi. Sebagai cara untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran, pihak sekolah dapat meningkatkan kualitas fasilitas sekolah berupa penambahan wi-fi untuk kegiatan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis smartphone menggunakan aplikasi Canva pada saat kegiatan pembelajaran berjalan dengan lancar, namun ada beberapa kendala antara lain akses wi-fi yang kurang memadai sehingga menghambat proses pengerjaan desain produk oleh siswa. Hasil penelitian dapat dilihat dari uji hipotesis yang telah dilakukan dimana media pembelajaran interaktif berbasis smartphone menggunakan aplikasi Canva berpengaruh terhadap minat belajar siswa dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan untuk pengaruh minat belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan perolehan nilai 0,021 < 0,05. Selanjutnya media pembelajaran interaktif berbasis smartphone menggunakan aplikasi Canva secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar melalui minat belajar yaitu memperoleh nilai 0,031 < 0,05.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Sri Kantun, M.Ed Dwi Herlindawati., S.Pd.,M.Pden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectPembelajaran Interaktifen_US
dc.subjectAplikasi Canvaen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Smartphone Menggunakan Aplikasi Canva Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XII AMP SMKN 5 Jember Dengan Materi Perhitungan Biaya Produksi Tahun Ajaran 2022/2023)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sri Kantun, M.Eden_US
dc.identifier.pembimbing2Dwi Herlindawati, S.Pd.,M.Pden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_Desember_2023_5en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 03en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record