dc.contributor.author | LESTARI, Dwi | |
dc.date.accessioned | 2024-06-04T04:50:02Z | |
dc.date.available | 2024-06-04T04:50:02Z | |
dc.date.issued | 2023-06-27 | |
dc.identifier.nim | 190210301042 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120902 | |
dc.description | validasi_repo_firli_Desember_2023_5 | en_US |
dc.description.abstract | Kemajuan TIK berdampak terhadap berbagai bidang, salah satunya
bidang pendidikan. Kemajuan ini memberikan kesempatan bagi guru untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran, salah satunya dengan penggunaan media
pembelajaran. Guru dapat memanfaatkan media yang dapat meningkatkan
kualitas proses pembelajaran yang lebih efisien dan juga efektif dengan
penggunaan smartphone yang sudah menjadi kebutuhan siswa saat ini.
Pemanfaatan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran
interaktif, dimana dengan adanya media interaktif ini siswa dapat berinteraksi
dengan guru, teman sebaya, sehingga dapat melibatkan siswa dalam proses
pembelajaran. Pemanfaatan media interaktif dengan menggunakan smartphone
tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif
berbasis smartphone yang tersedia pada layanan distribusi yaitu aplikasi Canva.
Aplikasi Canva memiliki keunggulan yang dapat menunjang kegiatan
pembelajaran yaitu memiliki fitur-fitur yang menarik, dapat menambah
kreatifitas siswa, dan dapat mempersingkat waktu dalam membuat desain
produk. Keunggulan ini dapat mempengaruhi minat siswa dalam proses
pembelajaran. Pengamatan awal didapatkan bahwa siswa tidak memiliki minat
untuk belajar, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Media
pembelajaran yang tepat akan berdampak positif terhadap kegiatan pembelajaran
seperti menarik minat siswa untuk belajar. Apabila siswa memiliki minat untuk
belajar, maka dapat berpengaruh terhadap hasil belajar yang didapatkan.
Melalui penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat menciptakan
suasana belajar yang menarik, sehingga memudahkan siswa untuk memahami
materi yang dijelaskan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis smartphone menggunakan
aplikasi Canva terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Quasi
Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design.
Lokasi penelitian bertempat di SMKN 5 Jember yang beralamat di Jalan
Brawijaya 55 Jember RT 01 RW 02 Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi,
Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Jumlah responden pada penelitian ini
yaitu sebanyak 57 responden. Pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu menggunakan metode penyebaran angket, tes, wawancara,
dan juga dokumen. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji
Independent Sample T-test dan juga menggunakan uji path analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh
dari variabel Y1 dan Y2 kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa
media pembelajaran interaktif berbasis smartphone menggunakan aplikasi Canva
berpengaruh signifikan terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa kelas XII
AMP SMKN 5 Jember pada materi perhitungan biaya produksi. Sebagai cara
untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran, pihak sekolah dapat
meningkatkan kualitas fasilitas sekolah berupa penambahan wi-fi untuk kegiatan
pembelajaran.
Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis smartphone
menggunakan aplikasi Canva pada saat kegiatan pembelajaran berjalan dengan
lancar, namun ada beberapa kendala antara lain akses wi-fi yang kurang memadai
sehingga menghambat proses pengerjaan desain produk oleh siswa. Hasil
penelitian dapat dilihat dari uji hipotesis yang telah dilakukan dimana media
pembelajaran interaktif berbasis smartphone menggunakan aplikasi Canva
berpengaruh terhadap minat belajar siswa dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05.
Sedangkan untuk pengaruh minat belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap
hasil belajar siswa dengan perolehan nilai 0,021 < 0,05. Selanjutnya media
pembelajaran interaktif berbasis smartphone menggunakan aplikasi Canva secara
tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar melalui minat
belajar yaitu memperoleh nilai 0,031 < 0,05. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Sri Kantun, M.Ed
Dwi Herlindawati., S.Pd.,M.Pd | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Interaktif | en_US |
dc.subject | Aplikasi Canva | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.title | Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Smartphone Menggunakan Aplikasi Canva Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XII AMP SMKN 5 Jember Dengan Materi Perhitungan Biaya Produksi Tahun Ajaran 2022/2023) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Ekonomi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Sri Kantun, M.Ed | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dwi Herlindawati, S.Pd.,M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_Desember_2023_5 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_06_tanggal 03 | en_US |