Diksi dan Gaya Bahasa Iklan Produk Kecantikan dalam Beauty Guide Oriflame
Abstract
Iklan merupakan salah satu bentuk media komunikasi yang efektif sebagai sarana untuk menyampaikan informasi atau pesan dari produsen kepada konsumen. Salah satu yang menarik dari iklan adalah iming-iming untuk menunjukkan keunggulan produk yang ditawarkan. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan bahasa iklan yang dibuat dengan diksi dan gaya bahasa yang berusaha membujuk pembaca atau calon konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan diksi dan gaya bahasa yang terdapat pada iklan produk kecantikan dalam Beauty Guide Oriflame. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif interpretatif. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, dan kalimat yang menunjukkan penggunaan diksi dan gaya bahasa dalam iklan produk kecantikan. Sumber data dalam penelitian ini adalah iklan produk kecantikan yang dimuat dalam majalah Beauty Guide Oriflame edisi Januari-Februari 2022. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) diksi dalam iklan produk kecantikan meliputi diksi berupa kata denotatif, kata konotatif, kata umum, kata khusus, dan kata populer dan (2) gaya bahasa dalam iklan produk kecantikan meliputi simile, personifikasi, hiperbola, litotes, metonimia, hipalase, polisidenton, aliterasi, anafora, dan epistrofa.