Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Flipbook Digital untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan e-modul sains berbasis flipbook digital untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP. Jenis penelitian pengembangan yang dilakukan di SMP Negeri 7 Jember dengan jumlah siswa kelas VIII F sebanyak 31 siswa ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi semuanya digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, pretest dan posttest, dan lembar angket respon siswa. Dengan kategori sangat valid, nilai validitas produk sebesar 88%. Hasil kepraktisan produk selama pembelajaran adalah 96% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan analisis N-gain, hasil efektivitas produk masuk dalam kategori tinggi sebesar 0,84, dan analisis angket respon siswa masuk dalam kategori baik sebesar 76%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul IPA berbasis flipbook digital yang dikembangkan valid, praktis, efektif, dan meningkatkan literasi sains siswa dalam pembelajaran IPA di SMP.