Show simple item record

dc.contributor.authorLUFITASARI, Shela Septian
dc.date.accessioned2024-06-03T03:51:51Z
dc.date.available2024-06-03T03:51:51Z
dc.date.issued2023-11-02
dc.identifier.nim190210204182en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120818
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_Desember_2023_18en_US
dc.description.abstractProblem Based Learning (PBL) atau pembelajaran berbasis masalah adalah salah satu model pembelajaran yang kegiatannya berfokus pada penyelesaian masalah oleh siswa. Metode eksperimen adalah metode pembelajaran dengan melakukan percobaan untuk mengetahui kebenaran dari suatu materi. Oleh karena itu, melalui metode eksperimen siswa dapat melakukan percobaan, mengamati proses, dan menarik kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan sehingga dapat merangsang kemampuan berpikirnya. Hasil observasi di SDN Jember Lor 01 menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPA dengan kurikulum 2013 sudah menggunakan model PBL, tetapi penerapan model PBL dengan metode eksperimen masih belum dilakukan. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dengan metode eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Jember Lor 01. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ekperimental dengan menggunakan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi serta wawancara sebagai data pendukung untuk mengetahui permasalahan. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji t-test, dan uji keefektifan relatif. Uji normalitas bertujuan untuk mengetahui apakah data tersebut berdistribusi normal. Hasil uji normalitas diperoleh nilai signifikansi 0,06 sehingga nilai signifikansi lebih besar dari 0,05, maka data berdistribusi normal. Analisis data selanjutnya yaitu melakukan uji t-tes menggunakan rumus Independent Sample T-test diperoleh nilai t yaitu 8,4541, kemudian t-hitung dikonsultasikan dengan t-tabel pada taraf signifikansi 0,05. Nilai t-tabel untuk taraf signifikansi 0,05 dengan df 54 adalah 2,0048. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai t-hitung t-tabel yaitu 8,4541 2,0048, setelah memperoleh nilai dari uji-t dilanjutkan dengan uji keefektifan relatif untuk mengetahui seberapa besar keefektifan yang dicapai suatu kelompok dengan kelompok lainnya dan diperoleh hasil 80%. Berdasarkan hasil perhitungan uji t, dapat disimpulkan bahwa t-hitung ttabel dengan taraf signifikansi kurang dari 0,05 hal ini berarti hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model PBL dengan metode eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Jember Lor 01.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Nuriman, Ph.D., Arik Aguk Wardoyo S.Pd., M.Pfis.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectMetode Eksperimenen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.titlePengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Jember Lor 01en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Nuriman, Ph.Den_US
dc.identifier.pembimbing2Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.Pfisen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_Desember_2023_18en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 03en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record