Show simple item record

dc.contributor.authorSARI, Tingkat Agresivitas Siswa
dc.date.accessioned2024-06-02T22:38:19Z
dc.date.available2024-06-02T22:38:19Z
dc.date.issued2023-06-06
dc.identifier.nim190210205058en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120790
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 3 Juni 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractPerilaku agresif pada anak dapat mempengaruhi perkembangan kemampuan sosialisasi anak dan dapat berdampak pada akademis anak di sekolah. Dari hasil observasi awal yang telah dilakukan di SD Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi ditemukan permasalahan perilaku agresif. Dari 13 siswa di kelas 2, 10 anak terlihat berperilaku agresif fisik seperti memukul, menendang, mencubit, dan mendorong teman. Sedangkan 3 siswa lainnya lebih terlihat perilaku agresif bentuk verbal seperti, menghina, mencaci maki, berkata kotor, berteriak dengan keras, dan mengancam pada saat di kelas. Token ekonomi diujicobakan untuk mengurangi perilaku agresif anak. Rumusan masalah yang terdapat dalamَ penelitianَ iniَ adalah,َ “Adakah pengaruh teknik token ekonomi terhadap tingkat agresivitas siswa kelas 2 di SD Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023?” Adapun tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh treatment teknik token ekonomi terhadap tingkat agresivitas siswa kelas 2 di SD Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental dengan desain penelitian pra eksperimental dan menggunakan pola penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Lokasi penelitian yang digunakan sebagai tempat penelitian yaitu di kelas 2 SD Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 13 siswa. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi. Uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus tata jenjang atauَ Spearman’sَ rhoَ danَ Cronbach’sَ Alpha. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil berupa negative ranks sebesar 7,00 dan nilai signifikansi sebesar 0,001. Dapat diketahui bahwa nilai signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat diketahui bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dari uji hipotesis menyatakan bahwa penerapan treatment token ekonomi berpengaruh terhadap tingkat agresivitas siswa kelas 2 SD Negeri 4 Kluncing. Saran yang bisa disampaikan dari hasil penelitian ini adalah guru disarankan menerapkan teknik token ekonomi dapat diterapkan untuk mengurangi agresifitas siswa dengan penerapan yang konsisten dan bekerja sama dengan wali kelas atau guru yang lain agar suasana kelas lebih kondusif.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A Dosen Pembimbing Anggota Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectTeknik Token Ekonomien_US
dc.subjectTingkat Agresivitas Siswaen_US
dc.titlePengaruh Teknik Token Ekonomi Terhadap Tingkat Agresivitas Siswa Kelas 2 SD Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.Aen_US
dc.identifier.pembimbing2Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorKacung- 17 Juli 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record