Show simple item record

dc.contributor.authorSAFITRI, Erika Elvina
dc.date.accessioned2024-05-30T08:13:34Z
dc.date.available2024-05-30T08:13:34Z
dc.date.issued2023-07-14
dc.identifier.nim190210204108en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120730
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_november_2023_14 Finalisasi unggah file repositori tanggal 30 Mei 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractPendidikan abad ke-21 mengharuskan beragam keterampilan dikuasai dan mengacu kepada pembelajaran inovatif serta mengarah pada era globalisasi. Pembelajaran inovatif dapat menyesuaikan model pembelajaran yang berkesan seru atau ‟Learning is fun‟ oleh guru ketika di kelas sebagai taktik dan cara belajar yang diimplementasikan dalam pembelajaran sehingga tampak inovatif. Berdasarkan observasi dalam kegiatan belajar mengajar IPA di sekolah dasar, pembelajaran cenderung diterapkan secara terpusat tanpa melibatkan siswa serta kurangnya inovasi dari segi model pembelajaran. Salah satu variasi model pembelajaran untuk melatih peningkatan kemampuan memahami konsep adalah Index Card Match. Index Card Match yaitu cara melihat kembali materi melalui usaha mencari pasangan dari kartu berisi keterangan jawaban atau soal sembari belajar terkait pemahaman konsep yang menyenangkan. Materi yang cocok digunakan pada penelitian ini adalah tema 8 Lingkungan Sahabat Kita. Oleh karena itu, pada tema ini guru dapat membimbing siswa agar memahami dan mengetahui konsep dari tema lingkungan kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Index Card Match berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar siswa muatan pelajaran IPA tema 8 lingkungan sahabat kita kelas V di SDN Dabasah 1. Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Index Card Match berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar siswa muatan pelajaran IPA tema 8 lingkungan sahabat kita kelas V di SDN Dabasah 1. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian eksperimen (quasi eksperimental) dengan model pembelajaran Index Card Match dan desain penelitian quasi eksperimental serta rancangan pola penelitian Non-quivalent Control Group. Populasi penelitian ini yakni kelas VA, VB, dan VC, sementara sampel penelitian adalah siswa kelas VA danVC. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yakni wawancara kepada guru dan siswa kelas VA dan VC, tes hasil belajar baik itu pre-test atau post-test dan dokumentasi dengan instrument pengumpulan data yaitu uji homogenitas, uji validitas, dan uji reliabelitas serta teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji T-Test (Independent Sample T- Test) dan keefektifan relatif. Hasil dari uji t-test (independent sample t-test) diperoleh nilai t-hitung > t-tabel yakni 3,383 > 1,675 dan nilai signifikannya dibawah 0,05 yaitu 0,001 < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak dengan pernyataan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar siswa kelas V. Hasil dari uji keefektifan relatif diperoleh sebesar 44%, lebih efektif penggunaan model pembelajaran Index Card Match daripada model Cooperative Learning. Model Index Card Match ini mempengaruhi banyak faktor diantaranya, kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kritis siswa, kerja sama siswa, dan keaktifan belajar selama di kelas. Kesimpulan yang dapat ditarik bahwa model pembelajaran Index Card Match memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa tema lingkungan sahabat kita kelas V. Saran pada penelitian ini bagi guru adalah penggunaan model pembelajaran Index Card Match berbantuan media flashcard, guru dapat memperkenalkan bahwa media flashcard bisa menjadi media yang berguna sebagau proyek dalam pembelajaran untuk menumbuhkan sikap kolaboratif siswa. Guru dapat mencoba model Index Card Match berbantuan flashcard pada tema lainnya untuk bahan evaluasi dalam hasil belajar siswa serta kepada peneliti lainnya adalah penggunaan model pembelajaran Index Card Match berbantuan media flashcard dapat ditambahkan berbagai macam aktivitas yang melibatkan gerak fisik dalam permainan seperti berlari, berjalan, melipat kartu dan memperluas inovasi media flashcard seperti adanya kartu soal, kartu jawaban, dan kartu clue bergambar.en_US
dc.description.sponsorship1. Agustiningsih, S.Pd., M.Pd. 2. Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.PFis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectIndex Card Matchen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectLearning Outcomeen_US
dc.subjectPembelajaran IPAen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas Ven_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Agustiningsih, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.PFisen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_november_2023_14en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record