Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terintegrasi Aplikasi Android untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP
Abstract
Menjawab perkembangan zaman dan globalisasi yang terjadi saat ini, seseorang
perlu menguasai kemampuan 4C yang meliputi critical thinking (kemampuan
berpikir kritis), collaboration (kemampuan bekerja sama/ berkolaborasi),
communication (kemampuan berkomunikasi), dan creative (kemampuan berpikir
kreatif). Dibalik pentingnya 4C bagi seseorang terdapat keterampilan berpikir yang
harus menjadi fokus utama agar tujuan penguasaan keterampilan berpikir abad 21
atau 4C bisa tercapai. Keterampilan tersebut adalah keterampilan berpikir tingkat
tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTS).
Keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu keterampilan yang
diperlukan dalam menghadapi globalisasi. Keadaan keterampilan berpikir tingkat
tinggi saat ini masih rendah, dilihat dari capaian akademis siswa pada PISA 2018
yang mendapat skor 396 dan menepati posisi 71 dari 79. Kurangnya kemampuan
ini disebabkan karena abstraknya objek IPA dan diperlukan jembatan untuk
mengatasinya. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggunakan media
pembelajaran berupa modul aplikasi, menggunakan modul aplikasi, pengembang
bisa lebih leluasa untuk menambahkan konten pendidikan terkait, seperti AR, 360
VVR (Video Virtual Reality). Banyaknya fitur yang bisa disesuaikan tentunya akan
menambah daya tarik secara visual bagi siswa sehingga dapat meningkatkan
motivasi dan antusiasme siswa dalam pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui validitas modul
pembelajaran IPA terintegrasi aplikasi android untuk meningkatkan keterampilan
berpikir tingkat tinggi siswa SMP. (2) Untuk mengetahui kepraktisan modul
pembelajaran IPA terintegrasi aplikasi android untuk meningkatkan keterampilan
berpikir tingkat tinggi siswa SMP. (3) Untuk mengetahui efektivitas modul
pembelajaran IPA terintegrasi aplikasi android untuk meningkatkan keterampilan
berpikir tingkat tinggi siswa SMP.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Reserach and
Development dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian bertempat di SMPK
Santo Petrus Jember pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPK Santo Petrus Jember. Penelitian
ditujukan pada siswa kelas VIII karena siswa kelas VII masih belum waktunya
menerima materi pembelajaran Pencemaran Lingkungan karena materi tersebut
masuk pada semester genap. Data yang digunakan sebagai tolak ukur efektivitas
pembelajaran adalah nilai pretest dan posttest dengan Analisis n-gain.
Hasil dari uji validasi media pembelajaran didapati nilai rata-rata persentase
sebesar 95% dengan kategori “sangat valid”, dari skor ini dapat ditarik kesimpulan
bahwa media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran di dalam kelas.
Hasil dari uji kepraktisan media pembelajaran yang didapat dari nilai observasi
keterlaksanaan pembelajaran didapati nilai persentase rata-rata sebesar 95% dengan
kategori “sangat praktis”, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran praktis
ketika digunakan dalam pembelajaran. Efektivitas media pembelajaran dalam
meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa diukur berdasarkan hasil
nilai pretest dan posttest kemudian dianalisis dengan rumus n-gain untuk
menentukan sejauh mana efektivitas media, didapati secara keseluruhan media
pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa
dengan kategori “sedang” ditunjukkan dari n-gain rata-rata sebesar 0.66.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan
sebagai berikut: (1) Validitas media pembelajaran kategori sangat valid dengan
persentase penilaian 95%, (2) Kepraktisan media pembelajaran memiliki kategori
“sangat praktis” persentase sebesar 95% (3) Efektivitas media pembelajaran
kategori “sedang” berdasarkan hasil Ngain 0.66. sehingga media cukup efektif
untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.