Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berpelengkap Audio pada Materi Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
Abstract
Penelitian dan pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran yang dikembangkan adalah media pembelajaran pop up book berpelengkap audio. Sasaran objek peneltian ini adalah siswa kelas VII SMP. Permasalahan dasar pengembangan media pop up book dilakukan observasi dengan berfokus pada aspek kurikulum, gaya belajar siswa, dan kondisi sekolah.Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu Define (penetapan), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Jenis data dalam penelitian ini yaitu data numeral dan data verbal. Data numeral didapatkan dari skor penilaian validator dan respon siswa terhadap media pembelajaran. Sementara data verbal diperoleh dari saran atau komentar validator terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil perhitungan persentase kelayakan media pembelajaran dari para validator sebesar 97% dan respon siswa sebesar 86%. Dengan demikian, persentase tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis pop up book berpelengkap audio pada materi mewarisi nilai luhur dan mengkreasikan puisi rakyat sangat layak diimplementasikan pada sekolah.