Show simple item record

dc.contributor.authorLubis Muzaki
dc.date.accessioned2013-12-24T03:11:22Z
dc.date.available2013-12-24T03:11:22Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM090210101096
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12046
dc.description.abstractTingkat pencapaian kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada setiap pertemuan telah mencapai 82.45% dan 89,47% sehingga perangkat yang dikembangkan dikatakan praktis. Hal ini menunjukkan bahwa langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran telah memenuhi indikatorindikator dalam lembar observasi. Guru juga telah menerapkan dengan baik semua perangkat pembelajaran yang diujicobakan meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa Digital (LKS digital), Buku Siswa Digital, Tes Hasil belajar, dan e-learning. Dengan demikian pembelajaran matematika berbasis metode guided discovery learning berbantuan e-learning telah memenuhi kriteria kepraktisan. Kriteria keefektifan diperoleh dari hasil analisis keaktifan belajar siswa, angket respon siswa, dan perolehan tes hasil belajar. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif dilihat dari: (1) berdasarkan analisis keaktifan siswa diperoleh persentase aktivitas pertemuan I dan II berturut-turut 87,37% dan 94,44%. Dari hasil analisis aktivitas siswa diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa yaitu sebesar 90,9%, sehingga termasuk kategori baik; (2) hasil analisis data angket respon siswa menunjukkan bahwa siswa memberi respon positif sebesar 93,3% terhadap semua aspek pembelajaran matematika berbasis metode guided discovery learning berbantuan e-learning; (3) tes hasil belajar dilaksanakan untuk menilai indikator kognitif produk. Berdasarkan nilai yang diperoleh siswa, dapat dilihat bahwa persentase siswa yang mencapai nilai ≥ 60 sebesar 94,88%. Dengan demikian pembelajaran matematika berbasis metode guided discovery learning berbantuan elearning telah memenuhi kriteria keefektifan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101096;
dc.subjectguided discovery learning, e-learning, aplikasi ATutoren_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN E-LEARNING DENGAN APLIKASI ATUTOR PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN KELAS VIII SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record