Show simple item record

dc.contributor.authorKURNIAWAN, Sigit Tegar
dc.date.accessioned2024-05-11T22:14:06Z
dc.date.available2024-05-11T22:14:06Z
dc.date.issued2023-07-04
dc.identifier.nim190210204255en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120460
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_november_2023_10 Finalisasi unggah file repositori tanggal 7 Mei 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractMatematika adalah bidang studi yang terdapat pada jenjang sekolah dasar (SD) sampai dengan perguruan tinggi. Matematika merupakan disiplin ilmu yang bersifat khas dibandingkan dengan disiplin ilmu yang lain karena matematika membutuhkan bernalar dan berlogika (Amir, 2014). Matematika dapat memberikan bekal agar siswa berpikir secara kritis, kreatif, analitis, dan dapat menyelesaikan masalah. Melalui pembelajaran matematika, diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan dalam menerapkan ilmu matematikanya untuk mengembangkan ideide yang kreatif, inovatif, analisis, sistematis, dan mampu menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Sebagian siswa menganggap jika matematika adalah pelajaran yang sulit dipelajari dan dipahami. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada hari Senin, 10 Oktober 2022 di SDN Puger Kulon 01 pada guru kelas V, dapat diketahui bahwa guru masih belum mengembangkan LKPD pada materi operasi hitung pecahan. Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) belum pernah digunakan. Siswa juga belum paham dan mengalami kesulitan dalam memahami serta mengerjakan soal mengenai materi operasi hitung pecahan penjumlahan dan pengurangan, khususnya pada menyamakan kedua penyebut yang berbeda. Metode yang digunakan oleh guru adalah metode ceramah dan penugasan saja tanpa ada diskusi dan tanya jawab. Membuat siswa memiliki minat belajar yang kurang ketika mengikuti pembelajaran matematika. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui proses pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning untuk mengefektifkan pembelajaran materi operasi hitung pecahan pada siswa kelas siswa kelas V di SDN Puger Kulon 1 Jember yang valid, efektif dan praktis, dan (2) mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan LKPD berbasis Problem Based Learning untuk mengefektifkan pembelajaran materi operasi hitung pecahan pada siswa kelas V di SDN Puger Kulon 01 Jember. Desain penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) model Borg and Gall. Penelitian ini terdiri dari 10 tahap, tetapi hanya dilakukan sampai tahap ke-8 saja untuk mengetahui keefektifannya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Puger Kulon 01 Jember pada kelas VA dan VB sebanyak 48 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, tes hasil belajar, angket validasi, dan angket respon peserta didik, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data validasi produk, uji independent sampel t-test, analisis data keefektifan relatif produk (ER), dan analisis data respon peserta didik. Proses pengembangan bahan ajar LKPD berbasis PBL materi operasi hitung pecahan kelas V SDN Puger Kulon 01 Jember menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahap, namun hanya dilakukan sampai pada tahap ke-8, karena pada tahap ke-9 dan ke-10 dibutuhkan jika penelitian ditujukan untuk disosialisasikan atau diterapkan secara massal. Penelitian pengembangan dimulai dari tahap penelitian pendahuluan, kemudian membuat produk yang akan dikembangkan, melakukan validasi LKPD, dan melakukan uji keefektifan dan kepraktisan produk LKPD yang dikembangkan Hasil validasi produk LKPD yang dikembangkan mendapatkan skor 93 dengan kategori sangat layak. Hasil analisis pada hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada ranah kognitif memperoleh rata-rata nilai pretest dan posttest 22,25%, sedangkan pada kelas kontrol pada ranah kognitif memperoleh rata-rata nilai pretest dan postest 10.5%. Berdasarkan rata-rata tersebut hasil belajar kedua kelas menunjukkan keefektifan relatif (ER) mencapai 71,7% dengan kategori keefektifan tinggi. Selain itu hasil uji kepraktisan LKPD berbasis PBL menggunakan angket respon peserta didik menunjukkan persentase skor 83% dengan kategori sangat praktisen_US
dc.description.sponsorship1. Prof. Dr. M. Sulthon Masyhud, M.Pd 2. Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd.,M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectMateri Operasi Hitungen_US
dc.subjectLembar Kerja Siswaen_US
dc.titlePengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Untuk Mengefektifkan Pembelajaran Materi Operasi Hitung Pecahan pada Siswa Kelas V Di SDN Puger Kulon 01 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. M. Sulthon Masyhud, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd.,M.Sien_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_november_2023_10en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record