Perempuan, Direct Selling, Kekuasaan Patriarki: Dominasi Nilai-nilai Patriarki pada SPG di Roxy Mall Square Jember
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi sebagai salah satu pendeketan yang mengungkap sekaligus menarasikan bentuk patriarki dominasi patriarki yang di alami oleh Sales Promotion Girl (SPG) di Roxy Mall Square Jember. Hasil penelitian menunjukan bahwa dominasi nilai-nilai patriarki berlangsung pada saat penjualan langsung (Direct Selling) yang merupakan buah hasil dari elemen-elemen kerja SPG. Bentuk dominasi patriarki dimulai dari (1) Profesi SPG diharuskan mengikuti dan mecermikan budaya kecantikan wanita hari ini, (2) Secara signifikan, sikap perempuan menentukan bahasa tubuh di depan konsumen, (3) Penampilan merupakan poin penting dalam menarik perhatian konsumen. Perempuan tidak hanya memilki standar kecantikan yang berfokus pada bentuk badan, tetapi juga memperhatikan kualitas kulit, riasan wajah, aksesoris yang mereka kenakan
Kata kunci: SPG, Penjualan Langsung, Dominasi Patriarki