Show simple item record

dc.contributor.authorROHMAH, Indi Ghozirur
dc.date.accessioned2024-03-27T01:44:29Z
dc.date.available2024-03-27T01:44:29Z
dc.date.issued2023-11-15
dc.date.submitted
dc.identifier.nim200220104008en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120231
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_Desember_2023_18; Finalisasi oleh Taufik Tgl 27 Maret 2024en_US
dc.description.abstractPendidikan mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas suatu negara. Peran pendidikan akan terwujud dalam proses pembelajaran dengan menghasilkan kemampuan siswa. Kemampuan yang bermanfaat dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau sains kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan menyatakan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan kreativitas siswa kurang maksimal, sehingga perlu adanya inovasi dalam pembelajaran yakni pengembangan model pembelajaran AKSI yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan berpikir kreatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan adaptasi langkah-langkah pengembangan yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Model pengembangan 4D dilakukan dengan 4 tahap penelitian yakni Define (Pendefinsian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Diseminasi). Validasi dilakukan oleh 3 orang ahli yakni 3 dosen. Kepraktisan model diketahui berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh 3 observer, uji respon guru dan uji respon siswa. Kefektifan model diketahui berdasarkan hasil nilai pretest dan posttest siswa. Penelitian pengembangan model pembelajaran AKSI menghasilkan data berupa nilai validitas, kepraktisan, dan efektifitas. Pada Model pembelajaran AKSI (Aktualisasi Siswa) diperoleh skor kevalidan sebesar 88,10% dengan kategori sangat valid. Nilai Kepraktisan diperoleh dari observasi keterlaksanaan sebesar 89,24% dengan kategori sangat praktis, uji respon guru sebesar 89,38% dengan kategori sangat praktis, dan uji respon siswa mendapatkan skor 84,12% dengan kategori sangat praktis. Nilai keefektifan model pembelajaran AKSI dapat dilihat berdasarkan nilai uji coba penggunaan model pembelajaran. Hasil uji Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa mendapatkan N-gain 0,7 pada kategori tinggi dan kemampuan berpikir kreatif siswa mendapatkan N-gain 0,7 dengan kategori tinggi. Data tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran AKSI efektif digunakan pada pembelajaran.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Supeno, S. Pd., M. Si., M. C. E. Dr. Sulifah Aprilya H., S. Pd., M. Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectAKSI LEARNING MODELen_US
dc.subjectHIGHER LEVEL THINKING ABILITYen_US
dc.subjectCREATIVE THINKING ABILITYen_US
dc.titlePengembangan Model Pembelajaran AKSI (Aktualisasi Siswa) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Pembelajaran IPA di SMPen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMagister (S2) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alamen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Supeno, S. Pd., M. Si., M. C. Een_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Sulifah Aprilya H., S. Pd., M. Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_Desember_2023_18en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record