• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Reaktivasi Kawasan Stasiun Kereta Api Panarukan Jalur KA Lintas Kalisat - Panarukan

    Thumbnail
    View/Open
    PUTRI, Shely Marshanda (1.902Mb)
    Date
    2024-01-15
    Author
    PUTRI, Shely Marshanda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kabupaten Situbondo merupakan salah satu wilayah yang tidak memiliki sarana transportasi kereta api, tetapi memiliki stasiun kereta api bekas peninggalan masa kolonial yang terakhir aktif di Tahun 2004. Berdasarkan Rencana Strategis Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur Tahun 2020 - 2024 menyatakan bahwasanya pelaksanaan reaktivasi Stasiun KA Panarukan dengan jalur lintas Kalisat - Panarukan. Hal tersebut, menjadi kebijakan yang mendukung dalam penelitian ini. Selain itu, Rencana Induk Perkeretaapian Nasional menyatakan bahwasanya Stasiun Panarukan lulus studi kelayakan untuk direaktivasi. Meskipun Stasiun Panarukan memiliki potensi yang kuat, tetapi rencana reaktivasi masih memiliki permasalahan dalam strategi perencanaannya. Berdasarkan kondisi tersebut, kawasan Stasiun Panarukan perlu strategi dalam upaya reaktivasinya agar Kabupaten Situbondo memiliki moda transportasi umum unggulan. Penelitian menggunakan beberapa metode analisis untuk mencapai tujuan yang diteliti, yaitu yang pertama menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui potensi dan permasalahan kondisi eksisting. Metode analisis yang kedua dan metode analisis yang ketiga digunakan untuk mencapai tujuan mengenai probabilitas pemanfaatan moda transportasi kereta api untuk orang dan barang. Setelah memperoleh hasil pada tujuan pertama dan kedua tersebut, maka dilakukan metode analisis yang keempat yaitu metode analisis triangulasi. Pada metode keempat ini untuk menentukan strategi reaktivasi kawasan stasiun dan jalur kereta api yang tepat. Terdapat 4 strategi reaktivasi yang dihasilkan pada penelitian ini
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120119
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4212]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository