Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nilai-Nilai Karakter Melalui Aplikasi Android Tema 6 Subtema 1 Kelas VI Sekolah Dasar
Abstract
Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di Indonesia
semakin mendorong berbagai usaha pembaharuan terhadap penggunaan berbagai
hasil teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran merupakan
suatu fase yang tidak dapat terpisahkan bagi kehidupan manusia. Jika ditinjau
perkembangan anak-anak hingga menjadi dewasa, maka perlu adanya pendidikan
yang ditempuh dalam sebuah lembaga pendidikan. Penerapan pendidikan karakter
pada pembelajaran ini adalah suatu keharusan, sebab hal ini dapat menjadikan
peserta didik lebih cerdas, kreatif, inovatif, berbudi pekerti baik, dan sopan
santun.
Penelitian ini berfokus pada Tema 6 Subtema 1 di Kelas VI SD dan terkait
konsep pendidikan karakter. Adapun rumusan masalahnya yaitu: (1) bagaimana
proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis nilai-nilai karakter
melalui aplikasi android; dan (2) bagaimana kevalidan, keefektifan, dan
kepraktisan media pembelajaran berbasis nilai-nilai karakter melalui aplikasi
android?
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg
and Gall yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa dengan menyesuaikan pada
penelitian pengembangan yang dilaksanakan. Validasi LKPD berbasis kearifan
lokal Gresik telah dilakukan oleh ketiga validator ahli, adapun skor rerata yang
diperoleh dari ketiga validator yaitu 86,9 masuk ke dalam kategori sangat layak.
Keefektifan media pembelajaran berbasis aplikasi android ditinjau dari
pencapaian hasil belajar melalui posttest.
Hasil keefektifan juga menunjukkan bahwa nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 lebih besar
daripada 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (7,0085 > 2,018), artinya penggunaan media pembelajaran
interaktif berbasis nilai-nilai karakter melalui aplikasi android lebih efektif
digunakan daripada menggunakan buku tematik dan LKPD, sehingga hasil belajar
kedua kelas menunjukkan keefektifan relatif (ER) mencapai 45,3% dengan
kategori keefektifan sedang. Hasil ini sejalan dengan penelitian Qoiruni dan
Wicaksono (2022) bahwasanya penelitian yang dilakukan mendapatkan kriteria
nilai kevalidan 84,5%, dengan kategori sangat valid, serta respon peserta didik
dan angket mendapatkan nilai 80,21% dengan kategori efektif. Adapun hasil uji
kepraktisan dengan menggunakan angket respon peserta didik menunjukkan
persentase sebesar 85,54% termasuk dalam kategori sangat efektif, artinya media
pembelajaran interaktif berbasis nilai-nilai karakter melalui aplikasi android ini
sudah sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Berdasarkan pengembangan dan penelitian yang telah dilakukan, maka
saran yang dapat dituliskan yaitu sebagai berikut: (1) Bagi peserta didik,
penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan efektivitas pembelajaran bagi
peserta didik. Selain itu, diharapkan dapat memberikan inovasi baru untuk peserta
didik dari penerapan media pembelajaran interaktif berbasis nilai-nilai karakter
melalui aplikasi android tema 6, subtema 1 Kelas VI SD; (2) bagi guru, penelitian
ini diharapkan dapat memunculkan inovasi berupa alternatif media pembelajaran
yang interaktif dan efektif bagi kegiatan pembelajaran tema 6 subtema 1 kelas VI
SD; dan (3) bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan dapat menjadi ide atau
referensi bagi penelitian selanjutnya, tentang pengembangan media pembelajaran
interaktif berbasis nilai-nilai karakter melalui aplikasi android.