Show simple item record

dc.contributor.authorKATSIIROH, Ainul Qismatil
dc.date.accessioned2024-03-04T04:42:27Z
dc.date.available2024-03-04T04:42:27Z
dc.date.issued2023-06-13
dc.identifier.nim192110101075en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120098
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_Desember_2023_6; Finalisasi oleh Taufik Tgl 5 Januari 2024en_US
dc.description.abstractPekerja sektor pendidikan tinggi, khususnya dosen saat ini dihadapkan pada tuntutan yang tinggi terkait jam mengajar serta tuntutan terkait pemenuhan tri dharma perguruan tinggi. Kondisi tersebut diketahui berpotensi mempengaruhi tingkat work life balance pada dosen. Tingkat work life balance yang rendah pada dosen akan memunculkan dampak negatif baik pada individu dosen serta pada organisasi kerja. Lebih lanjut rendahnya tingkat work life balance akan berpengaruh pada rendahnya kualitas lulusan perguruan tinggi. Guna mencegah munculnya dampak negatif akibat rendahnya tingkat work life balance pada dosen, maka peneliti ingin melakukan penelitian terkait faktor apa sajakah yang berpengaruh pada tingkat work life balance dosen serta bagaimana gambaran tingkatan work life balance pada dosen di Universitas Jember saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain penelitian cross sectional. Penelitian dilakukan di Universitas Jember dengan populasi penelitian dosen di Universitas Jember yang berstatus aktif dan memiliki nomor registrasi sebesar 376 dosen. Perhitungan sampel dilakukan dengan aplikasi G*Power dengan jumlah sampel sebanyak 128 dosen. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik proportional random sampling. Penelitian ini menggunakan uji Koefisien Kontingensi untuk mengetahui hubungan antar variabel karakteristik individu dengan tingkat work life balance. Data terbanyak (modus) pada masing-masing karakteristik individu dosen antara lain kelompok usia 28-46 tahun, status pernikahan kawin, jumlah anak ≤ 2, jenis kelamin laki-laki, jabatan fungsional Lektor, tidak memiliki jabatan struktural, dan tidak memiliki pekerjaan sampingan. Tingkat work life balance responden dosen Universitas Jember paling banyak pada kategori sedang. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara usia, status pernikahan, jumlah anak, jenis kelamin, jabatan fungsional, jabatan structural, dan pekerjaan sampingan (usia p=0,502, status pernikahan p=0,682, jumlah anak p=0,145, jenis kelamin p=0,252, jabatan fungsional p=0,312, jabatan struktural p=0,509, dan pekerjaan sampingan p=0,094) dengan work life balance pada dosen Universitas Jember. Saran untuk Universitas Jember melakukan pelatihan resiliensi, membuat regulasi terkait pekerjaan sampingan, serta menyediakan sarana konsultasi, dan perawatan anak di universitas. Saran bagi dosen untuk dapat mencapai work life balance adalah, menggunakan pilihan pengaturan kerja yang tersedia atau desain kerja yang fleksibel, menetapkan batasan yang jelas mengenai waktu atau tempat kerja, mengutamakan kesehatan, menjaga interaksi rutin dengan keluarga dan teman, meluangkan waktu untuk kegiatan yang bermakna secara pribadi, mencari bantuan profesional, rekan, atau universitas, dan advokasi pentingnya keseimbangan kehidupan kerja. Saran bagi peneliti ke depan adalah memperluas cakupan fakultas yang diteliti dan melakukan penelitian lebih lanjut terkait coping strategy dan tingkat work life balance pada dosen Universitas Jember.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Anita Dewi Prahastuti Sujoso, S.KM., M.Sc.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Kesehatan Masyarakaten_US
dc.subjectWORK LIFE BALANCEen_US
dc.subjectKARAKTERISTIK INDIVIDUen_US
dc.subjectKESEHATAN KERJAen_US
dc.subjectKESELAMATAN KERJAen_US
dc.titleWork Life Balance pada Dosen Universitas Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiKesehatan Masyarakaten_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Anita Dewi Prahastuti Sujoso, S.KM., M.Sc.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_Desember_2023_6en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record