Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Tema Selalu Berhemat Energi Subtema 1 Kelas IV SDN 01 Kalibaru Kulon Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Faktor keberhasilan belajar mengajar bukan hanya mengandalkan kurikulum
yang sesuai dan baik saja namun harus didukung oleh beberapa faktor-faktor lainya
seperti kualitas tenaga kependidikan, penggunaan media pembelajaran, ketepatan
materi yang disampaikan dengan tujuan pendidikan, dan model pembelajaran yang
baik dan efektif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penggunaan
media audio visual terhadap hasil belajar pada tema 2 subtema 1 siswa kelas IV SDN
01 Kalibaru Kulon Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian yang digunakan adalah
eksperimen semu dengan desain pre-experimental menggunakan pola instac-group
comparison. Metode pengumpulan data yang digunakan tes hasil belajar siswa.
Perhitungan uji t-test menggunakan SPSS versi 22, nilai ttest menunjukan angka
sebesar 4,570 lalu ttabel pada taraf signifikansi 5% atau 0,05 menunjukan angka
sebesar 2,131 sehingga nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (4,570 > 2,131).
Berdasarkan hasil yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media audio visual dalam suatu pembelajaran berpengaruh positif pada
tingkat keefektifan dalam upaya meningkatkan hasil belajar tema berhemat energi
subtema 1 pembelajaran 1 sampai dengan 4 siswa kelas IV di SDN 01 Kalibaru
Kulon Banyuwangi.