Show simple item record

dc.contributor.authorWARDANA, Yusup Eka
dc.date.accessioned2024-03-03T14:26:44Z
dc.date.available2024-03-03T14:26:44Z
dc.date.issued2023-09-18
dc.identifier.nim180210303078en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120073
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 21 Januari 2024en_US
dc.description.abstractKemajuan teknologi dalam bidang pendidikan, terutama dalam hal media pembelajaran, telah membawa perubahan besar dalam cara siswa memahami dan belajar berbagai konsep. Salah satu bidang yang telah mengalami transformasi signifikan adalah pembelajaran geografi, terutama dalam penggunaan teknologi citra digital dan pengindraan jauh. Teknologi ini memungkinkan guru untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan interaktif bagi siswa. Next Earth sebagai salah satu platform citra digital yang inovatif, menawarkan akses yang mudah dengan resolusi tinggi. Penggunaan teknologi citra digital Next Earth dalam pembelajaran geografi dapat memberikan manfaat besar dalam meningkatkan kemampuan interpretasi citra siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan citra digital Next Earth dalam pembelajaran geografi terhadap kemampuan interpretasi citra siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain quasi experimental control grup. Populasi penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas X di MA AL-Qodiri Jember semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 yang, terdiri dari 5 kelas: X E1sampai X E5. Hasil uji homogenitas berdasarkan nilai ulangan harian menunjukkan bahwa kelima kelas X E memiliki kesamaan yang signifikan. Teknik cluster random sampling kemudian digunakan untuk memilih dua kelas sebagai sampel: hasilnya kelas X E1 sebagai kelas eksperimen (23 siswa), dan kelas X E2 sebagai kelas kontrol (21 siswa). Kedua kelas tersebut kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas kontrol diberi perlakuan dengan media konvensional dan kelas eksperimen menggunakan media citra digital Next Earth. Hasil pretest berdasarkan nilai rata-rata menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Namun, setelah menggunakan citra digital Next Earth dalam pembelajaran geografi, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kedua kelompok, dengan kelas eksperimen mencapai rata-rata 71,13 dan kelas kontrol sebesar 62,86. Hasil Uji normalitas Pretest dapat diketahui bahwasanya nilai signifikansi kelas eksperimen 0,200 > 0,05 dan nilai signifikansi kelas kontrol 0,200 > 0,05, sedangkan uji normalitas postest diketahui nilai signifikansi kelas eksperimen 0,200 > 0,05 dan nilai signifikansi kelas kontrol 0,067 > 0,05. Hasil pretest dan post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal. Uji t-test pada pretest sebesar 0,338 > 0,05 menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil pretest kedua kelompok. Uji t-test postest sebesar 0,018 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil postest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Secara umum tingkat kemampuan interpretasi citra siswa berdasarkan tingkat kejelasan objek (26%). Interpretasi objek berdasarkan kemampuan mengenali objek geografi diperoleh (20,4%). Berdasarkan 8 unsur interpretasi citra, memperoleh (22,2%). Hasil tersebut mengindikasikan bahwa penggunaan media citra digital Next Earth dalam pembelajaran geografi terbukti berpengaruh signifikan terhadap kemampuan interpretasi citra siswa. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan citra digital Next Earth dalam pembelajaran geografi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan interpretasi citra siswa. Teknologi ini membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami informasi spasial dan geografis dari citra digital.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectCITRA DIGITALen_US
dc.subjectNEXT EARTHen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN GEOGRAFIen_US
dc.subjectKEMAMPUAN INTERPRETASI CITRAen_US
dc.titlePengaruh Citra Digital Next Earth dalam Pembelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Interpretasi Citra Siswaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Geografien_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sri Astutik, M. Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Bejo Apriyanto, S. Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorrevaen_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record