Determinan Keputusan Pembelian Hijau Konsumen UMKM Jember Dimoderasi oleh Generasi Z
Abstract
Usaha mikro, kecil, dan menengah semakin berkembang pesat, khususnya di
sektor makanan dan minuman yang selalu tampil dengan beragam inovasi
mengikuti tren konsumsi yang ada. Namun, perkembangan tersebut dihadapkan
pada kondisi lingkungan dan masih rendahnya tingkat kesadaran lingkungan,
termasuk di Kabupaten Jember. Oleh karena itu, topik ini menarik untuk diteliti.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Environmental Concern,
Green Perceived Benefits, Green Perceived Quality, dan Green Awareness of Price
berpengaruh signifikan terhadap Green Purchase Decisions dengan Generasi Z
sebagai variabel moderasi pada keputusan pembelian ramah lingkungan konsumen
UMKM Jember khususnya di sektor makanan dan minuman (food and beverage).
Rancangan penelitian ini yaitu explanatory research. Teknik sampling yang
digunakan adalah teknik nonprobability sampling dengan metode pengumpulan
yaitu purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang
disebarkan secara online dan didapatkan sampel sejumlah 190 responden. Sampel
penelitian ini adalah konsumen yang termasuk Generasi Z berusia minimal 18 tahun
dan pernah melakukan pembelian makanan maupun minuman yang ramah
lingkungan di UMKM Jember setidaknya dua kali. Metode analisis data yang
digunakan adalah SEM-PLS menggunakan software SmartPLS 4.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Environmental Concern tidak
berpengaruh signifikan terhadap Green Purchase Decision, sedangkan Green
Perceived Benefits, Green Perceived Quality, dan Green Awareness of Price
berpengaruh signifikan dan positif terhadap Green Purchase Decisions. Selain itu,
Environmental Concern, Green Perceived Benefits, dan Green Perceived Quality
yang dimoderasi Generasi Z tidak berpengaruh signifikan terhadap Green Purchase
Decisions, sedangkan Green Awareness of Price berpengaruh signifikan dan positif
terhadap Green Purchase Decisions.