Pengembangan LKPD Berbasis Potensi Wisata Bee Jay Bakau Resort Probolinggo untuk Mengefektifkan Hasil Pembelajaran Materi Bangun Ruang pada Siswa Kelas VI SDN Randuputih II Kabupaten Probolinggo
Abstract
Matematika adalah dasar ilmu pengetahuan yang dapat digunakan dalam kehidupan seharihari untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Matematika dijadikan sebagai salah satu muatan pelajaran yang diajarkan sejak sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan LKPD berbasis objek wisata BJBR. Desain penelitian menggunakan model penelitian pengembangan Borg and Gall. Penelitian pengembangan LKPD berbasis objek wisata BJBR hanya menggunakan 8 tahap dari 10 tahap dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Penelitian ini berlokasi di SDN Randuputih I dan SDN Randuputih II Probolinggo pada siswa kelas 6. Pengembangan LKPD dalam penelitian ini menghasilkan produk penelitian berupa LKPD yang valid dengan skor 87% kategori sangat valid. Hasil dari Independent Sample T-test menunjukkan bahwa sig.2 Tailed< 0,05 yaitu ada perbedaan rerata antara kelas kontrol dan eksperimen, selain itu nilai ttabel > thitung (8,902 > 2015). Skor keefektifan relatif yaitu 76,66% dengan kategori efektifitas tinggi. Kepraktisan LKPD berdasarkan hasil angket respon siswa dan guru dengan skor 84,58% kategori sangat praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis objek wisata BJBR Probolinggo pada materi bangun ruang termasuk dalam kategori valid, efektif, dan praktis.