Pengaruh Brand Ambassador, Advertising Effectiveness, Brand Image Terhadap Purchase Intention Produk Somethinc di Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan explanary research, yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk menguji hipotesis yang ada. Populasi dalam penelitian ini adalah calon konsumen produk Somethinc di Kabupaten Jember. Diharapkan dengan adanya penentuan responden yang merupakan calon pembeli yang memiliki kesamaan persepsi tentang niat pembelian, dalam hal ini adalah produk Somethinc. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini dilakukan dengan metode non-prpbability sumpling dengan teknik purposive sampling dimana pengambilan sampel dilakukan dengan pertimbangan tertentu. Ukuran sampel pada penelitian ini sebanyak 10 x 16 = 160 responden. Dengan kriteria responden minimal berusia 17 tahun yang memiliki niat membeli produk Somethinc dan berdomisili di Kabupaten Jember. Analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan meggunakan data cros section dengan pendekatan, observasi maupun pengumpulan data pada suatu saat tertentu. Metode dalam pengambilan data pada penelitian ini yaitu dari penyebaran kuisioner yang dilakukan secara langsung dan online (menggunakan gform) dan metode analisis menggunakan analisis Regresi Linier Berganda.
Berdasarkan hasil analisis penelitian pada calon komsumen yang memiliki niat pembelian produk Somethinc menunjukkan bahwa data yang dihasilkan valid dan reliabel serta data berdistribusi normal dan menunjukkan bahwa Brand ambassador tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase intention. Advertising effectiveness berpengaruh signifikan terhadap purchase intention. Brand image berpengaruh signifikan terhadap purchase intention.