Sistem Pemasaran Optimal Mebel UD. Sumber Rejeki Jember berdasarkan Segmentasi Pasar dalam Usaha Berskala Menengah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang dilakukan UD. Sumber Rejeki dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan target penjualan produk. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah pemilik, karyawan, dan konsumen mebel UD. Sumber Rejeki. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan UD. Sumber Rejeki melakukan segmentasi geografis dan segmentasi psikografis dalam strategi pemasarannya. Secara teoritis, penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman bagaimana faktor-faktor ini saling berhubungan dalam membentuk segmentasi pasar. Secara praktis, temuan penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk merumuskan strategi dalam meningkatkan target penjualan suatu perusahaan.