Show simple item record

dc.contributor.authorPERDANA, Mochammad
dc.date.accessioned2024-02-22T03:06:28Z
dc.date.available2024-02-22T03:06:28Z
dc.date.issued2023-12-13
dc.identifier.nim190210201078en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119952
dc.description.abstractLembaga Saku Yatim Indonesia di Kabupaten Lumajang membentuk sebuah bimbingan belajar Bernama Sanggar Belajar Lestari yang dimana sanggar tersebut dikhususkan untuk anak-anak yatim piatu dan kaum duafa di Kecamatan Lumajang. Namun, pada bimbingan belajar Sanggar Belajar Lestari tingkat kemandirian belajar warga belajar Sanggar Belajar Lestari dinilai masih sangat kurang. Hal tersebut berdampak pada ketergantungan warga belajar terhadap tutor terutama dalam proses belajar. Selain itu, keterbatasan waktu pembelajaran menyebabkan terbatasnya peran tutor untuk meningkatkan kemandirian belajar. Dengan demikian ditemukan tujuan penelitian dari skripsi ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran fasilitatif tutor dalam peningkatan kemandirian belajar di ”Sanggar Belajar Lestari” Yayasan Saku Yatim, Kabupaten Lumajang dengan manfaat penelitian adalah sebagai penambah wawasan, informasi, dan pengalaman dalam proses pembelajaran fasilitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dimana peneliti mendeskripsikan hasil wawancara di Sanggar Belajar Lestari. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data observasi dilakukan peneliti dengan melihat secara langsung dan riil. Pada teknik pengumpulan data wawancara, peneliti sudah mempersiapkan berupa pertanyaanpertanyaan yang akan ditanyakan kepada calon narasumber. Sedangkan pada teknik pengumpulan data dokumentasi, peneliti memotret kegiatan pada saat melakukan penelitian sebagai bukti telah melakukan wawancara penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tutor di Sanggar Belajar Lestari telah memahami pentingnya motivasi untuk diberikan kepada warga belajar. Hal ini sesuai dengan prinsip strategi pembelajaran fasilitatif dimana tutor tidak hanya berperan dalam menyampaikan ilmu namun juga berperan sebagai motivator. Selain itu, peran tutor ditunjukkan melalui perannya sebagai pembantu proses pembelajaran. Selain itu, tutor di Sanggar Belajar Lestari telah memiliki pandangan dalam pengelolaan pembelajaran melalui perencanaan, pengorganisasian, dan pengarahan proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Warga belajar di Sanggar Belajar Lestari menunjukkan belum memiliki kemandirian belajar yang baik, sebab mereka belum memiliki perencanaan khusus sebelum memulai pembelajaran. Pada tahapan pengawasan warga belajar belum menunjukkan adanya kemampuan untuk mengamati dan mengobservasi tantangan dalam proses pembelajaran. warga belajar di Sanggar Belajar Lestari belum mampu melakukan evaluasi secara mandiri terhadap diri sendiri dan cenderung bergantung pada kebijakan tutor. Sehingga memerlukan peningkatan kolaborasi antara tutor, warga belajar, serta pihak terkait untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan kemandirian belajar pada warga belajar di Sanggar Belajar Lestari. Setelah melakukan kegiatan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat diambil kesimpulan bahwasanya tutor telah menerapkan pembelajaran fasilitatif melalui perannya sebagai katalisator/motivator dan pembantu proses belajar. Motivasi yang diberikan bertujuan membangkitkan semangat belajar dari warga belajar di Sanggar Belajar Lestari. Sedangkan pada pembantu proses belajar, tutor memberikan apresiasi yang bertujuan meningkatkan gairah untuk belajar dan bersaing dalam mencapai hasil belajar yang diinginkan. Warga belajar sendiri belum memperlihatkan kemandirian belajar yang diharapkan. Hal tersebut dibuktikan dari belum mampunya warga belajar dalam membuat perencanaan belajar secara mandiri, belum mampu mengevaluasi diri terhadap kendala yang sedang terjadi, serta tidak dapat menentukan target belajar dan evaluasi belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANen_US
dc.subjectKEMANDIRIAN BELAJARen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN FASILITATIFen_US
dc.titleStrategi Pembelajaran Fasilitatif Tutor Dalam Peningkatan Kemandirian Belajar Di “Sanggar Belajar Lestari” Yayasan Saku Yatim, Kabupaten Lumajangen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPENDIDIKAN LUAR SEKOLAHen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr.Muhammad Irfan Hilmi, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Irliana Faiqotul Himmah S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record