• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pemanfaatan Bahan Reclaimed Asphalt Pavement (RAP) Untuk Perbaikan Jalan

    Thumbnail
    View/Open
    Fransiska Fella Monica_201910301117_TA.pdf (1.429Mb)
    Date
    2024-01-15
    Author
    MONICA, Fransiska Fella
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Transportasi merupakan satu bidang yang sangat penting dalam keberlangsungan kehidupan saat ini. Seiring dengan bertambahnya waktu, kerusakan jalan semakin meningkat dan hal ini perlu adanya perbaikan. Perbaikan yang umumnya dilakukan adalah overlay, akan tetapi jika dilakukan pelapisan secara terus menerus akan membuat elevasi jalan semakin meningkat. Cara lainnya yaitu dengan mengeruk perkerasan terlebih dahulu sebelum pelapisan ulang. Hal ini menyebabkan semakin banyaknya material sisa bongkaran aspal yang tidak terpakai. Dengan begitu, penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan kembali perkerasan aspal yang tidak digunakan sehingga dapat menghemat ketersediaan material baru. Penelitian ini menggunakan perkerasan laston lapis aus (AC-WC). Material RAP yang tersedia menggunakan jenis perkerasan AC-WC dan akan di daur ulang menjadi perkerasan AC-WC kembali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hot Mix Recycling dengan metode manual. Hot Mix Recycling adalah proses daur ulang perkerasan aspal dengan cara dipanaskan. Sebelum mulai mendaur ulang material bongkaran aspal, perlu diketahui kadar aspal dalam material RAP terlebih dahulu. Setelah mengetahui kadar aspalnya, RAP kemudian diuji karakteristiknya guna mengetahui apakah masih memenuhi spesifikasi atau tidak. Material RAP yang tidak memenuhi spesifikasi digunakan kembali dengan menambahkan material baru sesuai dengan proporsi yang direncanakan. Dalam penelitian ini menggunakan 68% material RAP dan 32% material baru. Proporsi campuran ini selanjutnya akan ditambahkan aspal dengan 4 variasi yang berbeda yaitu sebesar 5,6%; 6,1%; 6,6%; dan 7,1% dari total berat campuran. Setiap variasi kadar aspal dibuat 3 benda uji lalu diuji karakteristik Marshallnya. Berdasarkan hasil pengujian Marshall didapatkan 7 parameter diantaranya yaitu kepadatan (density), stabilitas, pelelehan, VMA, VIM, VFA, dan Marshall Quotient. Berdasarkan analisa hasil Marshall akan diketahui proporsi campuran yang paling sesuai dengan spesifikasi. Dalam penelitian ini, semua campuran yang telah direncanakan tidak ada yang memenuhi nilai VIM dan VFA. Sehingga perlu dilakukan perencanaan kembali komposisi campurannya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119938
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4242]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository