Pengembangan Buku Ajar Berbasis Augmented Reality Materi Kalor dan Perpindahannya untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP
Abstract
Era Society 5.0 menuntut masyarakat mengatasi permasalahan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Augmented Reality, salah satu teknologi informasi yang digunakan di bidang pendidikan, menghadirkan objek virtual dan objek nyata dalam format tiga dimensi, memungkinkan terjadinya observasi, interaksi, dan keterlibatan pendengaran. Materi kalor dan perpindahan dapat disimulasikan dan diterapkan dalam bentuk objek 3D dan animasi, memudahkan interaksi siswa secara langsung serta memberikan pengalaman belajar yang menarik dan khas. Tujuan penelitian ini adalah membuat buku ajar berbasis Augmented Reality pada materi kalor dan perpindahan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang meliputi langkah-langkah yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Berdasarkan hasil tersebut, buku teks berbasis Augmented Reality sangat valid, praktis, dan efektif dalam menunjukkan persentase keterampilan berpikir kritis siswa SMP, dengan tingkat keterampilan berpikir kritis siswa rata-rata sebesar 89%.