Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal HOTS pada Materi Luas Lingkaran Ditinjau dari Gaya Belajar VAK
Abstract
Higher Order Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir berdasarkan Taksonomi Bloom yang dibutuhkan oleh siswa untuk menghadapi tantangan di abad ke-21. Ada tiga indikator utama: analisis, evaluasi, dan kreasi. Di sisi lain, setiap siswa memiliki cara belajar yang berbeda, dan hal ini disebut dengan gaya belajar. Gaya belajar dibagi menjadi tiga kategori: visual, auditorial, dan kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi jika ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner untuk memperoleh gaya belajar, sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh keterampilan berpikir tingkat tinggi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian di lapangan menunjukkan bahwa terlepas dari gaya belajar (visual, auditori, atau kinestetik), hasilnya tetap memuaskan. Gaya belajar kinestetik menunjukkan kinerja yang luar biasa, melampaui gaya belajar visual yang umumnya lebih unggul dalam penelitian serupa.