Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas II SDN Tegal Besar 02 Jember
Abstract
Penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat menyebabkan peserta didik cepat merasa bosan dan mudah mengantuk. Hal tersebut tentu berpengaruh terhadap kemampuan berpikir peserta didik, dapat diketahui pada data skor penilaian tengah semester (PTS). Oleh karena itu penggunaan media pembelajaran dapat menarik minat belajar peserta didik, salah satu media yang dapat digunakan ialah media kartu kata bergambar. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas II SDN Tegal Besar 02
Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, menggunakan pola quasi eksperimental dan rancangan penelitian Non Equivalent control group. Penelitian ini memiliki subjek penelitian sebesar 56 peserta didik kela II sekolah Dasar. Subjek penelitiant erbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah peserta didik pada masing-masing kelas sebesar 28 peserta. Hasil uji keefektifan relatif nilai kognitif diperoleh sebesar 13,93%, sedangkan pada ranah psikomotor diperoleh sebesar 52,27%. Hal ini dapat diartikan bahwa penggunaan media kartu kata
bergambar berpengaruh terdapat keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas II SDN Tegal Besar 02 Jember.