Pengaruh STEM-6E Learning Model Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Problem Solving Skill Siswa SMA di Jember
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kreatif dan problem solving skill di Indonesia yang tercatat masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran STEM-6E Learning Model terhadap kemampuan berpikir kreatif dan problem solving skill siswa SMA di Jember. Penelitian ini mengggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan melibatkan kelas X SMA Negeri 2 Jember yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen dan 29 siswa kelas kontrol. Siswa kelas eksperimen menggunakan pembelajaran STEM-6E Learning Model, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvesional. Pelaksanaan pembelajaran melalui beberapa tahapan antara lain: engage, explore, explain, engineer, enrich, evaluate. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil pembelajaran kedua kelompok tersebut kemudian dibandingkan untuk mengetahui pengaruh STEM-6E learning model terhadap kemampuan berpikir kreatif dan problem solving skill. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,00. Rata-rata nilai posttet kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan STEM-6E Learning Model berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan problem solving skill siswa SMA di Jember.