Show simple item record

dc.contributor.authorArif Eka Sulthany
dc.date.accessioned2013-12-24T02:46:42Z
dc.date.available2013-12-24T02:46:42Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM080910291026
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11967
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian antara pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan TIK dengan tujuan dan petunjuk pelaksanaannya. “Kesenjangan informasi menunjukkan ketidakmampuan mengakses dan menggunakan informasi yang akan berdampak pada kesejahteraan seseorang. Ketidakmampuan mengakses ini terjadi karena informasi seringkali tidak menjangkau kalangan miskin dan marjinal” Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep pembangunan, konsep kebijakan publik, konsep pemberdayaan, konsep teknologi informasi dan komunikasi serta konsep telecenter. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dimana fokus penelitian ini membatasi pada evaluasi pelaksanaan program pemberdayaan mulai awal terbentuk pada tahun 2009 s.d tahun 2011. Selain itu, peneliti juga melakukan penelitian pada kegiatan-kegiatan pemberdayaan, hasil kegiatan pemberdayaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi viii kegiatan pemberdayaan. Objek pada penelitian ini adalah evaluasi pemberdayaan masyarakat dengan TIK melalaui Telecenter Asriloka. Lokasi penelitian ini adalah Telecenter Asriloka di Desa Sumberasri Kecamatan Purwoharjo kabupaten Banyuwangi. Jenis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, dimana data primer diperoleh dengan menggunakan wawancara dan observasi sedangkan data sekunder dengan menggunakan dokumentasi dan studi kepustakaan. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini adalah 16 orang, dengan key informan adalah manager telecenter Asriloka. Pada penelitian ini, metode analisis data yang digunakan yaitu menggunakan metode Miles dan Huberman yang meliputi 3 alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat dengan TIK yang dilakukan telecenter Asriloka terwujudlah kegiatan-kegiatan pemberdayaan yaitu berupa pendampingan UKM dan pembentukan KIM.dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan pemberdayaan ditemui faktor-faktor penunjang maupun pemhambat program pemberdayaan. faktor penunjang pemberdayaan adalah semangat tinggi pengelola dalam menyukseskan program pemberdayaan serta rutinnya pelatihan dan pengembangan dari Dinas KOMINFO Jawa Timur dalam menunjang kinerja pengelola telecenter. Faktor penghambat dari kegiatan-kegiatan pemberdayaan ini adalah kurangnya keaktifan masyarakat terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan telecenter, hal ini disebabkan banyaknya masyarakat yang masih berfikiran negatif tentang TIK. Perbedaan persepsi antara masyarakat dan pengelola terkait dengan tugas dan fungsi telecenter, masyarakat cenderung menganggap bahwa telecenter sebagai tempat mendapatkan pembinaan, mendapatkan finansial, mendapatkan pemasaran, dsb. Kurangnya kemitraan dengan instansi terkait baik pemerintah maupun swasta agar kegiatan pemberdayaan yang dilakukan telecenter dapat berjalan dengan maksimal. Kata Kunci : Evaluasi Pemberdayaan, Telecenteren_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080910291026;
dc.subjectEvaluasi Pemberdayaanen_US
dc.titleEVALUASI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record