Show simple item record

dc.contributor.authorFitri Wulandari
dc.date.accessioned2013-12-24T02:44:22Z
dc.date.available2013-12-24T02:44:22Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM080210191003
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11959
dc.description.abstractPenerapan kerikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran matematika di SMPLB itu tidak harus mengikuti semua yang telah ditetapkan oleh pemerintah tapi dalam proses penerapannya harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Penerapan KTSP di SMPLB bisa dikatakan kurang maksimal karena memang tidak ada suatu aturan khusus yang menjadi acuan bagi guru karena aturan-aturan dari pemerintah selalu mengacu pada pendidikan biasa, jadi untuk menerapkan suatu KTSP di SMPLB itu harus dilakukan banyak modifikasi. Secara umum dari hasil penelitian diperoleh bahwa kesesuaian kurikulum yang diterapkan di SMPLB-A dan SMPLB-B berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) tidak sama, SMPLB-A menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran matematika hanya sekitar 67,22% yaitu dengan kategori cukup untuk tingkat kesesuaiannya, sedangkan persentase untuk SMPLB-B dalam menerapkan KTSP pada pembelajaran matematika mencapai 82% dan ini dikategorikan baik. Dengan demikian penerapan KTSP di SMPLB-A cukup sesuai dan penerapan KTSP di SMPLB-B sudah sesuai. Dari penelitian yangtelah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: a) Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMPLB TPA Jember terkait dengan standar isi, standar prose, dan standar penilaian secara umum telah diterapkan, namun dalam proses penerapannya ada modifikasi yang dilakukan oleh guru untuk menyesuaikan dengan kondisi siswa. b) kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan KTSP adalah tidak ada standar baku untuk SMPLB, kurangnya media pembelajaran, kurangnya motivasi belajar siswa, pengawas pendidikan yang ada bukan dari orang yang paham PLB. c) kesesuaian KTSP di SMPLB-A cukup dengan persentase 67,22% sedangkan di SMPLB-B kesesuaiannya baik dengan persentase 82%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210191003;
dc.subjectKTSP, Matematikaen_US
dc.titleIMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMPLB TPA JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record