Dampak Affiliate, Electronic Word Of Mouth, Live Streaming Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Online Tas Hon & Yan
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi yang pesat memiliki pengaruh
terhadap perubahan perilaku masyarakat. Salah satu perubahannya, yaitu
intensitas masyarakat yang beralih berbelanja secara online. Dengan adanya
perubahan perilaku tersebut, pelaku usaha semakin kompetitif dengan
memasarkan produknya melaui online terutama mengoptimalkan aplikasi Tktok.
Hal tersebut dilakukan untuk menarik perhatian konsumen dalam melakukan
keputusan pembelian. Salah satu produk yang sering dicari oleh konsumen yaitu
tas Hon & Yan.
Tas Hon & Yan merupakan produk tas asal Hongkong yang dikenal oleh
masyarakat Indonesia saat mengikuti Jakarta Fire Kemayoran. Saat ini, banyak
pemilik usaha mengoptimalkan penggunaan internet untuk meningkatkan
penjualan dan untuk mengungguli pesaing, salah satunya adalah affiliate. Dengan
banyaknya konten kreator yang merekomendasikan berbagai kreativitas yang
ditawarkan membuat calon konsumen yakin terhadap keputusan dalam membeli
tas Hon & Yan. Selain itu, electronic word of mouth juga menjadi strategi tas Hon
& Yan dalam meningkatkan penjualan. Beberapa pertimbangan konsumen untuk
membeli tas Hon & Yan salah satunya adalah informasi yang didapat dari internet
yang mempengaruhi calon konsumen untuk melakukan keputusan pembelian.
Selain EWOM, live streaming juga merupakan salah satu strategi perusahaan
untuk meningkatkan penjualan. Jika konsumen tidak melihat produk secara detail,
maka mereka akan kurang percaya diri untuk melakukan keputusan pembelian
terhadap suatu produk dan disaat live streaming berlangsung, seringkali konsumen
mendapatkan harga yang berbeda dari harga normal yang membuat semakin
menarik perhatian konsumen untuk membeli tas Hon & Yan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan jenis
penelitian berdasarkan eksplanasinya yaitu penelitian asosiatif. Teknik yang
digunakan dalam penelitian ini, yaitu purposive sampling dengan beberapa
kriteria responden dengan sampel sebanyak 140 responden. Data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif melalui skala likert dengan
menggunakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dengan
penyebaran kuisioner secara online.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa indikator yang digunakan
untuk variabel affiliate, electronic word of mouth, dan live streaming berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian online pada produk tas Hon & Yan