Pengaruh Perceived Organizational Support dan Self Efficacy terhadap Organizational Citizenship Behavior Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada BNI Kantor Cabang Utama Jember
Abstract
Zaman dan teknologi yang berkembang semakin dinamis menimbulkan
tantangan di sektor perbankan. Oleh karena itu, dibutuhkan SDM yang siap
melaksanakan tugas melalui perilaku citizenship. Realitanya perilaku citizenship
karyawan BNI KCU yaitu belum optimal. Hal tersebut dipengaruhi oleh perceived
organizational support (POS), self efficacy, dan kepuasan kerja yang dirasakan
karyawan. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian disusun guna menguji dan
menganalisis pengaruh Perceived Organizational Support dan Self Efficacy
terhadap Organizational Citizenship Behavior Karyawan dengan Kepuasan Kerja
sebagai Variabel Intervening pada BNI Kantor Cabang Utama Jember.
Populasi pada penelitian ini yaitu Karyawan BNI Kantor Cabang Utama
(KCU) Jember sebanyak 125 karyawan. Penggunaan teknik pengambilan sampel
simple random sampling memakai rumus Slovin diperoleh sampel 95 responden.
Penelitian ini memakai data primer melalui observasi, kuisioner, dan wawancara.
Sedangkan untuk data sekunder didapatkan dari buku, jurnal, website resmi
www.bni.co.id, dan studi pustaka Metode analisis penelitian Partial Least Square.
Salah satu dukungan atasan melalui perhatian keluhan bawahan. Dukungan
atasan harus berdampak baik bagi seluruh karyawan tanpa memandang status
pekerjaan. Karyawan bina yang dipromosikan menjadi karyawan tetap berhasil
melewati internship dengan baik dari penilaian kompetensi dan komitmen. Ada
keterkaitan indikator dukungan atasan POS yang meningkat maka promosi
indikator kepuasan kerja Karyawan BNI KCU Jember juga meningkat. Pengaruh
signifikan self efficacy membuat kepuasan kerja karyawan BNI KCU Jember
meningkat. Ada indikasi keterkaitan indikator level dalam self efficacy yang
meningkat maka work sebagai indikator kepuasan kerja Karyawan BNI KCU
Jember juga meningkat. POS tidak berpengaruh signifikan terhadap OCB karyawan
BNI KCU Jember. Kenyataannya meskipun POS terimplementasi baik, belum bisa
meningkatkan OCB karyawan saat ini. Keterkaitan indikator generality self efficacy
meningkat, membuat peningkatan OCB karyawan civic virtue. Kemampuan
menguasai tugas membuat karyawan berpartisipasi aktif untuk perkembangan
perusahaan. Kemudian, keterkaitan indikator rekan kerja kepuasan kerja yang
meningkat, hubungan baik rekan kerja OCB karyawan juga meningkat. Kepedulian
rekan kerja meningkat, membuat hubungan baik juga meningkat. Keterkaitan
promosi indikator kepuasan kerja membuat peningkatan dukungan atasan POS
memengaruhi peningkatan altruism OCB karyawan. Keterkaitan indikator
generality self efficacy yang meningkat, membuat peningkatan melalui indikator
work kepuasan kerja meningkatkan civic virtue sebagai refleksi OCB karyawan.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan 1) perceived organizational
support (POS) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan BNI
Kantor Cabang Utama (KCU) Jember, 2) self efficacy berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan kerja karyawan BNI KCU Jember, 3) POS tidak berpengaruh
signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB) karyawan BNI KCU
Jember, 4) self efficacy berpengaruh signifikan terhadap OCB karyawan BNI KCU
Jember, 5) kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap OCB karyawan BNI
KCU Jember, 6) POS berpengaruh signifikan terhadap OCB karyawan BNI KCU
Jember melalui kepuasan kerja, dan 7) self efficacy berpengaruh signifikan terhadap
OCB karyawan BNI KCU Jember melalui kepuasan kerja.