Show simple item record

dc.contributor.authorMARHESTIAN, Sherin
dc.date.accessioned2024-01-18T08:43:48Z
dc.date.available2024-01-18T08:43:48Z
dc.date.issued2023-07-07
dc.identifier.nim190210104046en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119537
dc.description.abstractPendidikan merupakan bidang yang mempengaruhi perkembangan masyarakat di era society 5.0 dengan penerapan sistem pembelajaran yang sesuai dengan abad ke-21. Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah landasan penting bagi berkembangnya suatu bangsa. Pembelajaran IPA tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa saja, tetapi juga memberikan keterampilan-keterampilan lain yang membantu siswa untuk menyelesaikan permasalahan. Problem solving skill merupakan keterampilan siswa dalam mengamati, memahami, menganalisis, dan berpikir secara kritis pada suatu masalah yang kemudian dianalisis dalam upaya untuk memecahkan permasalahan. Keterampilan pemecahan masalah dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa baik secara berpikir maupun kreativitas dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi. Problem solving skill yang dimiliki oleh siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu penyebab rendahnya problem solving skill adalah siswa cenderung menghafal jawaban guru, sehingga siswa sulit dalam menganalisis dan menjawab soal materi. Adanya multirepresentasi dalam modul elektronik (e-modul) dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah atau problem solving skill. Multirepresentasi pada materi IPA dapat memberikan kemampuan representasi lain pada siswa, kemampuan berpikir tingkat tinggi, dan melatih kemandirian belajar pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang memiliki tujuan untuk menghasilkan sebuah produk bahan ajar IPA yakni e-modul IPA berbasis multirepresentasi materi getaran, gelombang dan bunyi untuk meningkatkan problem solving skill siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian adalah model ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (develop), implementasi (implement), dan evaluasi (evaluate). Teknik analisis data yang digunakan yakni validasi bahan ajar menggunakan lembar validasi, kepraktisan bahan ajar menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon siswa, serta keefektifan bahan ajar menggunakan N-Gain dari penilaian pretest-posttest ketika pembelajaran menggunakan e-modul. Pelaksanaan uji coba produk bahan ajar pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 di SMP Negeri 1 Jember dengan siswa kelas VIII G sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian e-modul IPA berbasis multirepresentasi materi getaran, gelombang dan bunyi didapatkan validasi e-modul sebesar 92% dengan kategori sangat valid. Pengamatan yang dilakukan oleh observer menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai sebesar 90% dengan kriteria sangat praktis. Angket respon yang dibagikan kepada siswa kelas VIII G dalam pembelajaran menggunakan e-modul memperoleh nilai rata-rata sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Perolehan nilai keefektifan melalui uji n-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil data penelitian yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa e-modul IPA berbasis multirepresentasi materi getaran, gelombang dan bunyi untuk meningkatkan problem solving skill siswa SMP telah valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran sebagai bahan ajar untuk meningkatkan problem solving skill siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectE-MODULen_US
dc.subjectMULTIREPRESENTASIen_US
dc.subjectPROBLEM SOLVING SKILLen_US
dc.subjectPENGEMBANGANen_US
dc.titlePengembangan E-Modul IPA Berbasis Multirepresentasi Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi untuk Meningkatkan Problem Solving Skill Siswa SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. I Ketut Mahardika, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Nur Ahmad, S.Pd., M.PFis.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_Januari_2024_5en_US
dc.identifier.finalization9e233c2f-2024-01-18_idaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record