Show simple item record

dc.contributor.authorFEBRIYANTI, Melisa Putri
dc.date.accessioned2024-01-17T08:29:38Z
dc.date.available2024-01-17T08:29:38Z
dc.date.issued2024-01-10
dc.identifier.nim200210102007en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119501
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_januari_2024_15 Finalisasi unggah file repositori tanggal 17 Januari 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractPada abad 21 saat ini, pembelajaran yang awalnya teacher centered, beralih menjadi student centered yang menuntut siswa untuk terlibat aktif. Hasil belajar fisika siswa berada pada kategori pencapaian rendah. Rendahnya hasil belajar fisika siswa sesuai dengan laporan Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud, pada hasil Ujian Nasional (UN) IPA di Kabupaten Jember yang menyatakan rata-rata mata Pelajaran fisika sebesar 44,73, yang berarti fisika berada pada peringkat rendah jika dibandingkan dengan mata pelajaran IPA lainnya. Rendahnya hasil belajar fisika siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu pemilihan model dan media pembelajaran yang kurang mendukung terhadap materi, sehingga siswa kurang responsif terhadap pembelajarannya. Berdasarkan permasalahan tersebut, penerapan model flipped classroom berbantuan media google classroom dapat dijadikan sebagai bentuk pembelajaran inovatif untuk mendorong siswa berperan aktif. Model dan media tersebut melibatkan siswa untuk belajar mandiri melalui platform google classroom, dan mampu memecahkan masalah saat di pembelajaran di kelas dengan menggunakan pengetahuan yang dipelajari sebelumnya. Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji pengaruh model Flipped Classroom berbantuan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa dan mendeskripsikan respon siswa terhadap model Flipped Classroom berbantuan Google Classroom pada materi dinamika gerak lurus. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan possttes-only control group design. Penelitian dilakukan pada semester gasar tahun ajaran 2023/2024 di SMA Negeri 3 Jember. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling dan dilakukan uji homogenitas. Pembelajaran di XI IPA 1 sebagai kelas kontrol menggunakan model yang biasa digunakan oleh guru yaitu PBL, sedangkan di XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen menggunakan model flipped classroom berbantuan google classroom. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi, tes tertulis, dan angket. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan uji independent sample t-test, sedangkan respon siswa menggunakan kriteria skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) pada uji t-test menggunakan SPSS sebesar 0,000 (≤ 0,05). Berdasarkan hipotesis statistik tersebut maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti hasil belajar kelas eksperimen berbeda dengan hasil belajar kelas kontrol .Selain itu, rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 80,71, dan kelas kontrol sebesar 59,32. Hal tersebut menunjukkan bahwa kelas eskperimen yang menggunakan model flipped classroom berbantuan google classroom memperoleh hasil belajar yang lebih besar dibandingkan hasil belajar kelas kontrol menggunakan model yang biasa digunakan. Kemudian, untuk hasil respon siswa kelas eksperimen, diperoleh hasil aspek tanggapan sebesar 82,58% dan aspek reaksi sebesar 83,44%, keduanya berada pada interval 80 ≤ P ≤ 100 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model Flipped Classroom berbantuan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa SMAN 3 Jember pada materi dinamika gerak lurus. Kemudian, di dapatkan hasil respon siswa terhadap penerapan model Flipped Classroom berbantuan Google Classroom pada materi dinamika gerak lurus memperoleh tanggapan dan reaksi positif dan termasuk dalam kriteria sangat baik.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Dr. Singgih Bektiarso, M.Pd Dosen Pembimbing anggota : Drs. Maryani, M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPembelajaran Fisikaen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectFlipped Classroomen_US
dc.subjectGoogle Classroomen_US
dc.titlePengaruh Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom terhadap Hasil Belajar dan Respon Siswa pada Materi Dinamika Gerak Lurus di SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Singgih Bektiarso, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Maryani, M.Pden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_januari_2024_15en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record