Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Masjid Jamik Sumenep
Abstract
Sumenep ialah satu dari empat kabupaten yang bertempat di pulau Madura. Banyak bangunan
bersejarah yang ada di Kabupaten Sumenep salah satunya Masjid Jamik Sumenep. Bangunan bersejarah perlu
dilestarikan agar agar dapat dikenal oleh generasi selanjutnya, salah satunya adalah dengan etnomatematika.
Etnomatematika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana matematika diadaptasikan dalam budaya. Penelitian
ini betujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika pada Masjid Jamik
Sumenep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model
4D. Hasil penelitian menujukkan lembar kerja peserta didik yang sudah dikembangkan memenuhi kriteria valid,
praktis dengan persentase 82,02% dengan ketegori baik, dan efektif dengan 25 siswa memenuhi kriteria tuntas
dan jumlah keseluruhan siswa yang telah tuntas lebih dari sehingga dapat dikategorikan dalam tuntas
secara klasikal. Selain itu, Persentase hasil angket siswa yang memilih pilihan setuju dan sangat setuju sebanyak
lebih dari 75% pada setiap indikator, maka lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika di Masjid Jamik
Sumenep mendapatkan respon positif.