Show simple item record

dc.contributor.authorFITRIANI, Dwi Nur
dc.date.accessioned2024-01-04T05:57:53Z
dc.date.available2024-01-04T05:57:53Z
dc.date.issued2023-12-01
dc.identifier.nim190210204037en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119352
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 4 Januari 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractKurikulum merdeka belajar ini tidak membatasi konsep suatu pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah maupun di luar sekolah, dan memberikan tuntutan kepada guru untuk memberikan keimajinatifan dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga untuk memberikan kelancaran pada kegiatan mengajar memerlukan alat bantu, yaitu media ajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap guru kelas IV, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember pada hari Senin, 7 Agustus 2023 ditemukan beberapa permasalahan yaitu pemanfaatan media di sekolah masih belum maksimal, kurangnya pemahaman peserta didik terhadap lingkungan sekitar, dan minimnya pengenalan kearifan lokal kepada peserta didik. Media pembelajaran yang dipakai masih cenderung menggunakan video dari YouTube, kebanyakan peserta didik juga tidak mengetahui kearifan lokal yang ada di Jember. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimanakah proses pengembangan media pembelajaran flash card berbasis kearifan lokal Jember pada mata pelajaran PPKn bab 3 kelas IV di SDN Karangrejo 02 dan bagaimanakah hasil validitas, efektifitas, dan kepraktisan pengembangan media flash card berbasis kearifan lokal Jember pada mata pelajaran PPKn bab 3 kelas IV di SDN Karangrejo 02. Tujuan pada penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pengembangan flash card berbasis kearifan lokal Jember pada mata pelajaran PPKn bab 3 kelas IV di SDN Karangrejo 02 dan mengetahui hasil validitas, efektifitas, dan kepraktisan pengembangan flash card berbasis kearifan lokal Jember pada mata pelajaran PPKn bab 3 kelas IV di SDN Karangrejo 02. Jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 8 tahapan yaitu: 1) penelitian pendahuluan melalui 3P; 2) perencanaan pengembangan produk; 3) pengembangan desai awal produk; 4) validasi desain prouk; 5) revisi desain produk awal; 6) uji coba penggunaan; 7) revisi produk pengembangan; dan 8) uji coba keefektivan produk. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Karangrejo 02 Jember pada semester ganjil Tahun Ajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru di SDN Karangrejo 02 Jember. Subjek penelitian pada penelitian ini, yakni peserta didik kelas IV SDN Karangrejo 02 Jember yang berjumlah 27. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran flash card berbasis kearifan lokal Jember sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut sesuai dengan hasil validasi yang memperoleh skor sebesar 90,5% kategori sangat layak. Hasil keefektifan memperoleh skor 88,8% kategori sangat efektif. Hasil kepraktisan diperoleh hasil skor 88,37% kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran flash card berbasis kearifan lokal Jember pada mata pelajaran PPKn bab 3, dapat disimpulkan bahwa media flash card sangat layak, sangat efektif, dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Adapun saran Bagi peserta didik, pembelajaran menggunakan media flash card berbasis kearifan lokal Jember dapat menjadikan pembelajaran yang menyenangkan, dan memudahkan peserta didik dalam mengetahui kearifan lokal yang ada di Kabupaten Jember. Oleh karena itu, disarankan peserta didik untuk belajar lebih baik lagi agar dapat mencapai hasil belajar yang diinginkan. Bagi guru, disarankan dapat mengembangkan sebuah media flash card berbasis kearifan lokal Jember sebagai materi pembelajaran yang berguna bagi peserta didik kedepannya. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk melakukan pengembangan produk yang lebih kreatif dan inovatif dengan menggunakan materi yang berbeda.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama : Zetti Finali, S.Pd., M.Pd Pembimbing Anggota : Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPembelajaran Flash Carden_US
dc.subjectKearifan Lokal Jemberen_US
dc.subjectPelajaran Pendidikan Pancasilaen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Flash Card Berbasis Kearifan Lokal Jember pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Bab 3 untuk Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasaren_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Zetti Finali, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Sien_US
dc.identifier.validatorKacung-21 Desember 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record