Show simple item record

dc.contributor.authorRAHMAN, Taufik
dc.date.accessioned2024-01-04T05:49:30Z
dc.date.available2024-01-04T05:49:30Z
dc.date.issued2023-12-14
dc.identifier.nim172410101124en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119350
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 4 Januari 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractNeobank merupakan salah satu bank digital Indonesia yang dirilis pada tahun 2021. Sebagai bank digital, neobank menawarkan beberapa fitur unggulan seperti Tabungan Neo NOW, Deposito Neo WOW, Free Transfer, Instan Messenger, Neo Jurnal, dan Keamanan Data. Menurut data ulasan aplikasi neobank di Google Play Store diketahui terdapat 15.61% pengguna yang kecewa terhadap pelayanan aplikasi neobank karena penataan menu, penamaan menu, respon aplikasi, dan adanya beberapa fitur yang kurang berfungsi dengan baik. Untuk mengetahui masalah tersebut lebih lanjut diperlukan evaluasi tampilan atau User Interface (UI) dan pengalaman pengguna atau User Experience (UX). Penilaian terhadap UI dan UX aplikasi neobank dilakukan menggunakan metode Heuristic Evaluation karena sesuai dengan konteks dan aspek permasalahan yang akan diteliti. Berdasarkan hasil perhitungan Heuristic Evaluation, didapatkan bahwa terdapat 17 permasalahan dengan 4 tingkat keparahan yang berbeda. Terdapat 2 atribut dengan tingkat keparahan 1 atau Cosmetic Problem, 7 atribut dengan tingkat keparahan 2 atau Minor Usability Problem, 7 atribut dengan tingkat keparahan 3 atau Major Usability Problem, dan 1 atribut dengan tingkat keparahan 4 atau Usability Catasthrope. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan Heuristic Evaluation beberapa rekomendasi yang diberikan adalah dengan memperbaiki penamaan judul menu, meningkatkan efisiensi pengelompokan menu, meningkatkan akurasi dan kebenaran informasi, meningkatkan kemudahan akses pengguna melalui kemudahan identifikasi menu dan tulisan, serta meningkatkan konsistensi tema dalam aplikasi neobank.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectHeuristic Evaluationen_US
dc.subjectBank Digitalen_US
dc.subjectUser Interfaceen_US
dc.subjectUser Experienceen_US
dc.titleEvaluasi User Interface dan User Experience pada Aplikasi Neobank Menggunakan Metode Heuristic Evaluation (Studi Kasus: Pengguna Aplikasi Neobank di Kabupaten Jember)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSistem Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Anang Andrianto, S.T.,M.Ten_US
dc.identifier.pembimbing2Priza Pandunata, S.Kom., M.Scen_US
dc.identifier.validatorrevaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record