Evaluasi User Interface dan User Experience pada Aplikasi Neobank Menggunakan Metode Heuristic Evaluation (Studi Kasus: Pengguna Aplikasi Neobank di Kabupaten Jember)
Abstract
Neobank merupakan salah satu bank digital Indonesia yang dirilis pada tahun 2021. Sebagai bank digital, neobank menawarkan beberapa fitur unggulan seperti Tabungan Neo NOW, Deposito Neo WOW, Free Transfer, Instan Messenger, Neo Jurnal, dan Keamanan Data. Menurut data ulasan aplikasi neobank di Google Play Store diketahui terdapat 15.61% pengguna yang kecewa terhadap pelayanan aplikasi neobank karena penataan menu, penamaan menu, respon aplikasi, dan adanya beberapa fitur yang kurang berfungsi dengan baik. Untuk mengetahui masalah tersebut lebih lanjut diperlukan evaluasi tampilan atau User Interface (UI) dan pengalaman pengguna atau User Experience (UX). Penilaian terhadap UI dan UX aplikasi neobank dilakukan menggunakan metode Heuristic Evaluation karena sesuai dengan konteks dan aspek permasalahan yang akan diteliti. Berdasarkan hasil perhitungan Heuristic Evaluation, didapatkan bahwa terdapat 17 permasalahan dengan 4 tingkat keparahan yang berbeda. Terdapat 2 atribut dengan tingkat keparahan 1 atau Cosmetic Problem, 7 atribut dengan tingkat keparahan 2 atau Minor Usability Problem, 7 atribut dengan tingkat keparahan 3 atau Major Usability Problem, dan 1 atribut dengan tingkat keparahan 4 atau Usability Catasthrope. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan Heuristic Evaluation beberapa rekomendasi yang diberikan adalah dengan memperbaiki penamaan judul menu, meningkatkan efisiensi pengelompokan menu, meningkatkan akurasi dan kebenaran informasi, meningkatkan kemudahan akses pengguna melalui kemudahan identifikasi menu dan tulisan, serta meningkatkan konsistensi tema dalam aplikasi neobank.