dc.description.abstract | Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, emosional
siswa dan merupakan kunci penentu keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Di
era globalisasi sekarang ini siswa dituntun untuk mempunyai kemampuan berbahasa inggris
agar mampu bersaing di dunia kerja nantinya. Laporan ini mendiskripsikan tentang kesulitankesulitan
apa
saja
yang
dialami
oleh
siswa
kelas
IX
D
SMP
Muhammadiyah
1
Jember
dalam
menerima
pelajaran Bahasa Inggris. Dikarenakan pada kenyataannya masih banyak siswa
yang mengalami hambatan dalam menerima pelajaran Bahasa Inggris, siswa yang kurang
begitu paham dan lamban dalam belajar Bahasa Inggris, dan kurangnya minat belajar siswa
untuk belajar Bahasa Inggris. Tidak hanya itu, guru juga mengalami beberapa kesulitan dan
kendala ketika mengajar di dalam kelas. Dengan adanya permasalahan diatas maka perlu
dicari solusi pemecahan masalah, agar kedepannya para siswa mempunyai minat belajar dan
juga para guru dapat mengajar dengan lebih baik di dalam kelas.
Jenis metode penelitian dalam laporan ini adalah menggunakan metode Deskriptif,
observasi dan interview. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwasanya masih banyak
siswa yang tidak menyukai mata pelajaran Bahasa Inggris, dikarenakan minimnya kosa kata
Bahasa Inggris yang dimiliki oleh siswa dan aturan-aturan dalam Bahasa Inggris yang dirasa
sulit bagi siswa, untuk itu alternatif pemecahannya untuk membantu kesulitan siswa tersebu
yaitu diupayakan dengan adanya motivasi belajar dari guru, serta dengan adanya bimbingan
yang tepat dan teratur, metode pembelajaran yang bervariasi juga dapat menimbulkan minat
siswa dalam belajar Bahasa Inggris. | en_US |