Show simple item record

dc.contributor.authorArinda Ayu Wandari
dc.date.accessioned2013-12-24T02:33:29Z
dc.date.available2013-12-24T02:33:29Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM080210192048
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11921
dc.description.abstractKajian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas X.C. Hal ini, bertolak dari rendahnya hasil belajar siswa kelas X.C SMA Negeri 1 Suboh. Dengan demikian, diperlukan perbaikan melalui penggunaan media LKS berbasis foto kejadian fisika. LKS berbasis foto kejadian fisika adalah panduan siswa yang digunakan agar siswa bisa lebih matang dalam menguasai materi/konsep fisika dengan cara menganalisis kejadian-kejadian riil (nyata) fisika yang ada dilingkungan sekitar kita melalui gambar foto. Penggunakan LKS berbasis foto kejadian fisika dalam penelitian ini dilakukan secara terpadu, agar tercipta keaktifan siswa, memfokuskan perhatian siswa dalam mengingat dan menghadapi pertanyaan (permasalahan) yang relevan dengan konsep fisika, dan siswa lebih termotivasi pada pelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas setelah diterapkan LKS Berbasis Foto Kejadian Fisika di kelas X.C SMA Negeri I Suboh Situbondo; dan (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar fisika siswa selama diterapkan LKS Berbasis Foto Kejadian Fisika di kelas X.C SMA Negeri I Suboh Situbondo. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X.C SMA Negeri 1 Suboh Situbondo pada tahun ajaran 2012/2013 pada materi pemuaian dan perubahan wujud zat. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung, peningkatan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran yakni vii hasil posttest pada pra-siklus, siklus I, siklus II, siklus III dan siklus IV serta hasil wawancara kepada guru bidang studi kelas X.C dan siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus Normalized Gain (Ng) untuk menentukan besarnya peningkatan hasil belajar siswa setelah pembelajaran dan menggunakan Persentase Aktivitas (Pa) untuk menentukan besarnya persentase aktivitas siswa selama pemebelajaran LKS Berbasis Foto Kejadian Fisika. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa, terjadi peningkatkan hasil belajar fisika pada siswa kelas X.C SMA Negeri 1 Suboh Situbondo dengan kategori sedang setelah diterapankannya pembelajaran menggunakan media LKS Berbasis Foto Kejadian Fisika. Peningkatan hasil belajar terjadi dari setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu sebesar 0,29 dengan kategori rendah. Kemudian setelah dilakukan siklus II terjadi peningkatan hasi l belajar yaitu sebesar 0,36 dengan kategori sedang. Setelah dilakukan siklus III terjadi peningkatan hasil belajar yaitu sebesar 0,37. Setelah dilakukan siklus IV terjadi peningkatan hasil belajar yaitu sebesar 0,43. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan. Aktivitas belajar siswa yang diamati pada penelitian ini meliputi aktivitas memperhatikan penjelasan guru, mencatat, mengeluarkan pendapat, bertanya/ menjawab pertanyaan. Berdasarkan hasil di atas menunjukkan media LKS Berbasis Foto Kejadian dapat diterapkan sebagai alternatif pembelajaran untuk memicu keterlibatan siswa pada aspek tingkat pencapaian konsep, aspek penalaran dalam belajar fisika dan meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192048;
dc.subjectMeningkatkan Hasil Belajar Fisikaen_US
dc.titleMeningkatkan Hasil Belajar Fisika Menggunakan LKS Berbasis Foto Kejadian Fisika Pada Siswa Kelas X.C SMA Negeri 1 Suboh Situbondo; Arinda Ayu Wandari, 080210192048en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record