dc.contributor.author | RATNASARI, Devi | |
dc.date.accessioned | 2023-12-17T22:59:21Z | |
dc.date.available | 2023-12-17T22:59:21Z | |
dc.date.issued | 2023-06-15 | |
dc.identifier.nim | 170910302058 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119180 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 18 Desember 2023 | en_US |
dc.description.abstract | Desa Karangharjo merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan
Silo Kabupaten Jember, seiring berjalannya waktu dan juga perkembangan zaman
yang mulai memasuki desa-desa maka desa Karangharjo mampu berkembang
utamanya juga dari segi pendidikan. Pada dasarnya masyarakat Karangharjo
sangat minim yang memiliki latarbelakang pendidikan hingga kejenjang
pendidikan yang tinggi, perubahan yang nampak untuk saat ini yaitu mulai
tersadarnya masyarakat Karangharjo untuk terus mengejar jenjang pendidikan.
Tidak disangka bahwa masyarakat akan menemui masa dimana munculnya virus
baru yang sangat membawa dampak terhadap masyarakat itu sendiri. Virus corona
sudah mampu mengubah tatanan kehidupan masyarakat sebagaimana biasanya,
kebijakan baru mulai bermunculan hingga pada tataran pendidikan. Pada
penelitian ini difokuskan pada peran orang tua yang latar belakang jenjang
pendidikannya rendah, sehingga mampu mengusung sebuah rumusan masalah
yaitu “Bagaimana peran orang tua berlatarbelakang jenjang pendidikan rendah
pada siswa RA Thoyyibul Barokah dimasa pembelajaran daring?”. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan juga mengamati bagaimana pola
asuh yang diterapkan oleh orang tua siswa dalam menjadi pendamping selama
pembelajaran daring dimasa pandemi.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu dengan melihat dan juga
menganalisis kejadian, fenomena atau keadaan sosial lainnya. Dalam menentukan
informan menggunakan teknik purposive juga menggunakan 4 teknik
pengumpulan data, yakni observasi, wawancara, transkrip wawancara serta
dokumen-dokumen yang berkaitan. Untuk teknik naalisis yaitu melalui reduksi data menggunakan triangulasi data yaitu triangulasi metode dan triangulasi
sumber data.
Hasil penelitian ini, bahwa sosok orang tua merasakan tantangannya dalam
menjadi pendamping dan pembimbing anaknya selama sistem pembelajaran
daring, orang tua mulai menyadari bahwa dalam mengajari anak harusnya dengan
penuh kesabaran dan ketelatenan, selama ini orang tua hanya sebatas
mengantarkan anaknya ke sekolah tidak menjadi pembimbing secara langsung
karena sudah belajar bersama gurunya. Pada kondisi yang tak lagi sama orang tua
mulai merasakan bahwa tidaklah mudah membimbing anak dalam aspek
pendidikan. Orang tua juga harus membagi waktu untuk kesibukan dirumah dan
juga mendampingi anak untuk belajar. Orang tua siswa di RA Thoyyibul Barokah
sudah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa berperan aktif dalam hal
mendampingi, membimbing, mendorong dan juga menjadi fasilitator untuk
anaknya meskipun juga dihadapkan pada hal-hal yang menghambat kelancaran
proses belajar itu.
Dalam pembelajaran daring tentu dirasakan mengenai dampak positif dan juga
negatifnya baik oleh guru, orang tua ataupun siswa. Pendampingan oleh orang tua
yang berlatarbelakang jenjang pendidikan rendah tentu mengalami kesulitan
dalam menerapkan metode belajar yang efektif untuk anak. Dampak positif dari
pembelajaran daring yaitu salah satunya akses pembelajaran yang bisa didapatkan
kapan saja, tidak terikat oleh waktu, sosok orang tua baik ayah atau ibu yang juga
disibukkan oleh pekerjaan lainnya tentu lebih merasa santai karena jam belajar
anak bisa menyesuaikan waktu kosongnya. Selain dampak positif tersebut tentu
tidak bisa dihindari dari dampak negatifnya, dalam belajarnya anak belum bisa
konsisten dalam perihal waktu karena pada kesempatan pembelajaran daring anak
memiliki kesempatan bermain lebih panjang, seperti halnya pada siswa di RA
Thoyyibul Barokah sendiri. Jam belajar mulai berkurang sedangkan jatah untuk
bermain semakin panjang. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Rosnida Sari,S.Ag,M.si,Ph.D | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik | en_US |
dc.subject | PERAN ORANG TUA | en_US |
dc.subject | JENJANG PENDIDIKAN RENDAH | en_US |
dc.subject | PEMBELAJARAN DARING | en_US |
dc.title | Peran Orang Tua Berlatarbelakang Jenjang Pendidikan Rendah pada Siswa RA Thoyyibul Barokah dimasa Pembelajaran Daring (Studi di Desa Karangharjo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Sosiologi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dosen Pembimbing : Rosnida Sari, S.Ag, M.Si, Ph.D | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 9 Oktober 2023 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |