Show simple item record

dc.contributor.authorALVIAN, Muhammad Bagus Rizqi
dc.date.accessioned2023-12-13T22:57:04Z
dc.date.available2023-12-13T22:57:04Z
dc.date.issued2023-11-24
dc.identifier.nim192410103032en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119146
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 14 Desember 2023en_US
dc.description.abstractPada era sekarang, game banyak dinikmati oleh masyarakat indonesia salah satunya adalah game simulasi. Game simulasi memiliki banyak keunggulan diantaranya adalah pemain bebas untuk bereksperimen serta memberi dorongan pemain untuk belajar. Dengan itu, pemanfaatan game simulasi bisa dijadikan sebagai media pelatihan seperti pelatihan kepemimpinan. Terdapat lima tingkatan kepemimpinan berdasarkan The 5 Levels of Leadership yaitu jabatan, perkenanan, produktivitas,mengembangkan orang lain, puncak. Perlu adanya praktik langsung dalam melatih tingkatan kepemimpinan dengan melalui penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam game simulasi. Salah satu AI yang digunakan untuk penerapan tersebut adalah Finite State Machine (FSM). FSM akan diimplementasikan kepada Non-Playable Character (NPC) untuk menentukan perilaku yang disesuaikan dengan 5 tingkatan kepemimpinan. Terdapat 3 State Machine (SM) yang diterapkan pada NPC yaitu Core Game SM, Movement SM, Status SM. Core Game SM menentukan alur game yang memengaruhi perilaku SM lainnya. Movement SM menentukan perilaku pergerakan fisik pada NPC. Status SM mengatur level kepemimpinan pada setiap NPC berdasarkan tingkatan kepemimpinan. Pemanfaatan FSM pada NPC menghasilkan perilaku NPC yang dinamis dari segi pergerakan fisik NPC serta perubahan status NPC yang didapatkan sesuai dengan tingkatan kepemimpinan.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr.Saiful Bukhori ST., M.Kom Muhammad `Ariful Furqon, S.Pd., M.Kom.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectGAME SIMULASIen_US
dc.subjectKEPEMIMPINANen_US
dc.subjectFINITE STATE MACHINEen_US
dc.titleImplementasi Finite State Machine untuk Menentukan Perilaku Non-Playable Character pada Game Simulasi Kepemimpinanen_US
dc.title.alternativeIMPLEMENTATION OF FINITE STATE MACHINE TO DETERMINE THE BEHAVIOUR OF NON-PLAYABLE CHARACTER IN LEADERSHIP SIMULATION GAMESen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiInformatikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr.Saiful Bukhori ST., M.Komen_US
dc.identifier.pembimbing2Muhammad `Ariful Furqon, S.Pd., M.Kom.en_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record