dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara gaya
kepemimpinan tansformasional dengan peningkatan kinerja guru, menganalisis
pengaruh antara moral kerja kepala sekolah dengan kinerja guru dan menganalisis
pengaruh antara gaya kepemimpinan tansformasional, dan moral kerja kepala
sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Tenggarang
Kabupaten Bondowoso. Populasi penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru
sebagai responden dan jumlah sampel sebesar 46 orang. Metode analisis data yang
digunakan regresi linear berganda dan pengujian hipotesis dengan menggunakan
uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh positif dan
signifikan antara gaya kepemimpinan tranformasional dengan kinerja guru. Ada
pengaruh positif dan signifikan antara moral kerja guru dengan kinerja guru. Ada
pengaruh positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional, dan
moral kerja kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru.
Kata kunci: gaya kepemimpinan tansformasional, moral kerja dan kinerja guru
ix
ABSTRACT
This purpose of research is to analyse effect between transformasional leadership
styles on improvement of teacher performance, analyses effect between
headmaster work morale on teacher performance and analyses effect between
tansformasional leadership styles, and work morale on teacher performance in
SMA Negeri 1 Tenggarang in Bondowoso Regency. This population of research is
headmaster and teacher as respondent and number of samples are 46. Analytical
method applied by multiple linear regression and hypothesis testing by using test t
and test F. Result of research indicates that thera is a positive and significant
effect between tranformasional leadership styles with teacher performance. There
is a positive and significant effect between headmaster wrk morale on teacher
performance. There is positive and significant effect between transformasional
leadership styles, and headmaster work morale with teacher performance.
Keywork: transformasional leadership styles, work morale and teacher
performance | en_US |